spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Arin Keluar sebagai Juara Umum Individual

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Arin Iswana memastikan diri sebagai juara umum kategori individual sekaligus merebut kaos magenta pada kejuaraan balap sepeda ‘1st Road Race : Energi Jabar Juara’ yang digelar di Pangandaran pada 21-23 November 2019. Sementara untuk kategori tim, PGN Road Cycling Team (RCT) tampil sebagai yang terbaik pada balapan yang menempuh total jarak 197 km dalam dua etape ini.

    Arin yang membela tim PGN RCT menjadi pebalap tercepat yang menyelesaikan balapan sejauh 197,1 km dengan catatan waktu 5 jam 08 menit 07 detik. Terpaut 14 detik dari rekan satu timnya Bambang Suryadi di peringkat dua dan pebalap PGN Milenial, Ahmad Yoga Ilham Firdaus yang mencatatkan waktu 5 jam 10 menit 17 detik.

    Selain itu, Arin pun menjadi pebalap tercepat dan merebut kaos oranye setelah mengumpulkan poin terbanyak dari empat sesi sprint dari dua etape yang digelar. Arin meraih 26 poin mengalahkan dua pebalap PGN Milenial, Ahmad Yoga Ilham Firdaus yang mengumpulkan 23 poin serta Bernad Benyamin dengan total poin 22.

    Baca Juga: Harumkan Negeri di Dunia, ESport Jaring Talenta Atlet

    Sementara untuk kaos polkadot atau raja tanjakan (King of Mountain, KOM) di 1st Road Race : Energi Jabar Juara 2019 diraih pebalap PGN RCT, Sandi Nurhasan dengan total poin 30 dari empat sesi tanjakan di dua etape kejuaraan. Posisi runner up dan ketiga KOM ditempati pebalap PGN RCT lainnya yakni Bambang Suryadi dan Jamalidin Nouardinto yang sama-sama mengoleksi 16 poin.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar sekaligus Ketua Pelaksana Kejuaraan, Engkus Sutisna menuturkan, kejuaraan balap sepeda road race kali ini diikuti oleh 52 atlet yang membela 18 tim balap sepeda road race. Tidak hanya dari wilayah Jabar, pebalap pun berasal dari seluruh Indonesia seperti DKI Jakarta, Sumbar, dan Kalbar.

    “Alhamdulillah, kejuaraan bisa sukses digelar berkat kolaborasi dengan Pemkab Pangandaran, ISSI Jabar, ISSI Kabupaten Pangandaran, seluruh peserta serta pihak lain yang mendukung acara ini. Pebalap bisa menyelesaikan balapan dengan rute yang cukup menantang dan pemandangan sangat luar biasa di trek yang dilewati,” ujar Engkus pada penutupan kejuaraan, Sabtu (23/11/2019).

    Meski merupakan gelaran pertama, Engkus menilai jika pelaksanaan balapan berjalan dengan lancar dan sukses. Meski demikian, pihaknya tetap mengevaluasi jalannya balapan di dua etape yang digelar.

    “Evaluasi tetap kita lakukan sehingga pada gelaran selanjutnya bisa lebih baik. Rencananya, even Road Race : Energi Jabar Juara ini akan jadi even tahunan dengan jumlah etape lebih banyak dan peserta lebih banyak pula. Tak hanya sekedar kompetisi olahraga, tapi even kali ini pun bertujuan mempromosikan wisata Pangandaran menuju kelas dunia,” tegasnya.

    Baca Juga: Awkarin Habiskan Rp778 Juta untuk Pesta Ulang Tahun, Jiwa Miskin Netizen Bergejolak

    Selain balapan utama, kejuaraan pun mempertandingkan kategori kriterium bagi pebalap-pebalap sepeda usia pembinaan. Mulai dari kelas pre youth, youth dan junior.

    Kejuaraan ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum dengan penyerahan medali dan uang pembinaan bagi juara umum kategori individual, tim, serta juara umum untuk kategori sprint dan tanjakan.

    “Dengan membaca hamdalah, Alhamdulillahirobil alamin, kejuaraa 1st Road Race : Energi Jabar Juara tahun 2019 resmi ditutup,” tutupnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img