spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    AHY Beri Motivasi dan Semangat bagi Ribuan Mahasiswa Bidikmisi

    BANDUNG, FOKUSJabar.idAgus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak generasi milenial untuk terus mengembangkan kualitas dan kreativitas sebagai tantangan di abad 21. Hal tersebut disampaikan putra sulung Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat memberikan kuliah umum dihadapan ribuan mahasiswa program Bidikmisi di Gymnasium UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Sabtu (23/11/2019).

    “Untuk itu, generasi milenial harus mengeyam pendidikan tinggi yang baik dan berkualitas sehingga punya bekal untuk menyongsong masa depan,” ujar AHY.

    Di hadapan ribuan mahasiswa Bidikmisi, Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) ini pun menyebut jika banyak generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikan namun terganjal beberapa hal. Salah satunya dari sisi finansial atau biaya.

    Baca Juga: Covid-19, Demokrat Garut Minta Dispensasi PBB

    “Karena itu, para mahasiswa penerima program Bidikmisi harus benar-benar memanfaatkannya. Saya hadir disini untuk memberi motivasi dan semangat bagi penerima program bidik misi untuk bulatkan tekad dan niat terus belajar,”  terang Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini.

    Program bidik misi yang digagas sejak 2010, lanjutnya, merupakan program yang ditujukan membantu mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk mengenyam pendidikan yang layak. Karena itu, program Bidikmisi harus didukung semua stakeholder.

    Terkait perubahan kebijakan pemerintahan Joko Widodo yang akan menggantikan program bidikmisi dengan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, diakui AHY bukan merupakan masalah selama memiliki tujuan yang sama. Selain bidikmisi, sebelumnya sudah ada program beasiswa untuk para santri, LPDP dan Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI).

    “Saya hanya berharap, semua program yang berhubungan dengan dunia pendidikan di era pemerintahan Joko Widodo ini bisa dijalankan dengan baik dan terus berlanjut. Program beasiswa jangan terputus, karena kunci sukses Indonesia di masa depan dimulai dari pendidikan,” tegasnya.

    Ketua Lingkar Bidik Misi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dimas Febriansyah mengaku, apa yang disampaikan AHY pada kuliah umum sangat bermanfaat dan menambah motivasi.. Mulai dari keterampilan abad 21 sampai cara-cara mengubah tantangan menjadi sebuah peluang.

    BACA JUGA: Covid-19, Demokrat Garut Minta Pemda Berikan Dispensasi PBB

    “Ini sejarah besar untuk UPI didatangi tokoh seperti Mas AHY. Kegiatan kuliah umum AHY ini merupakan salah satu rangkaian dan puncak dari acara Silaturahmi Akbar (Silatbar) Bidikmisi 2019,” ujar Dimas.

    Kuliah umum AHY, lanjutnya, dihadiri lebih dari 5.000 mahasiswa UPI. Selain itu, hadir pula mahasiswa dan tenaga pendidik dari luar kampus UPI serta masyarakat umum lainnya.

    “Semoga kuliah umum yang disampaikan AHY bisa memberikan bekal dan motivasi pada generasi milenial Indonesia. Khususnya mahasiswa program bidikmisi untuk tetap semangat memantapkan diri menjadi generasi harapan bangsa di masa mendatang,” pungkasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img