spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Penusukan Suporter, Kemenpora Minta PSSI Lapor FIFA

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Kementerian Pemuda dan Olahraga meminta PSSI melaporkan pada FIFA soal insiden pengeroyokan dan dugaan penusukan suporter Indonesia yang terjadi saat Skuat Garuda bertandang ke Malaysia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

    “Pada tanggal 22 November 2019, Kemenpora akan menyampaikan surat kekecewaan kepada Kementerian Sukan dan Belia Malaysia, yang ditembuskan kepada Kementerian Luar Negeri RI dan Pengurus PSSI,” kata Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto , seperti dilansir CNN, Jumat (22/11/2019).

    “Kemenpora juga akan meminta PSSI melaporkan insiden tersebut kepada FIFA.”

    Baca Juga: Hari Ini, Persib Siap Lakoni Pertandingan Uji Coba 

    Menurut Kemenpora, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) juga melaporkan PSSI pada FIFA saat terjadi insiden  penusukan dan keributan di Stadion Gelora Bung Karno dalam laga Indonesia vs Malaysia, awal September silam.

    Padahal, ujar Sesmenpora Gatot, saat itu Imam Nahrawi yang masih menjabat jadi Menpora telah meminta maaf secara langsung kepada Menpora Malaysia Syed Saddiq.

    “Dalam responsnya, Menpora Malaysia menerima permohonan ma’af Indonesia, dan mengucapkan selamat datang kepada suporter Indonesia saat nantinya akan menonton pertandingan 19 November 2019 di Kuala Lumpur, dan akan disambut dengan ramah oleh supporter Malaysia, tetapi ini ternyata tidak sepenuhnya terjadi,” kata Gatot.

    Kemenpora juga akan meminta Kepolisian Malaysia mengusut tuntas insiden yang menimbulkan luka fisik pada supporter Indonesia dan membawanya secara transparan ke jalur hukum.

    “Kemenpora tetap berharap agar insiden hubungan konflik antar suporter kedua negara untuk tidak terulang kembali baik di Indonesia maupun Malaysia, karena pada dasarnya hubungan diplomatik kedua negara dalam kondisi bagus,” ujarnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img