spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Angkutan Umum Potret Masyarakat dan Bangsa

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Angkutan Umum, Pakar transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Sony Sulaksono menyarankan tiga hal untuk mendorong penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum. Yakni membiasakan orang mau menunggu angkutan, mau berjalan kaki dan mampu bertoleransi terhadap sesama penumpang.

    “Kalau tiga hal ini masih belum tumbuh maka, budaya trasnportasi umum masih sulit. Ini menjadi cerminan dari karakter bangsa kita.

    Kalau budaya ini tidak jalan berarti ada masalah dengan pendidikan dan karakternya. Jadi angkutan umum bisa menjadi potret bagaimana karakter masyarakatnya dan karakter bangsanya,” ujar Sony, Selasa (12/11/2019).

    Baca Juga: Angkutan Umum di Garut Ogah Beroperasi Jelang Lebaran

    Menurut Sony, kunci utama transportasi umum yakni bisa memberikan kepastian. Utamanya soal waktu serta keamanan dan kenyamanan angkutan. Hal tersebut bisa terpenuhi, diantaranya di TMB korideor 5 yang baru dulaunching.

    “Memang belum signifikan, tapi kalau kita menunggu sampai signifikan tidak akan jalan. Harus memulai sesuatu, TMB salah satu opsi. Makanya saya selalu bilang alternatifnya kita bangun dulu, baru paksa pengendara pribadi. Lima koridor saya kira sudah cukup untuk mengubah budaya angkutan umum,” pungkasnya.

    (Yusuf Mughni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img