spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Jabar Jadi Tuan Rumah Kejurnas PPLP/PPLPD/SKO Cabang Olahraga Senam

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Jawa Barat didapuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PPLP/PPLPD/SKO cabang olahraga senam tahun 2019 yang akan digelar di Gymnasium SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, 12-14 November 2019. Kejurnas akan diikuti oleh 176 atlet yang menjadi perwakilan 16 tim PPLP/PPLPD/SKO dari 12 provinsi termasuk tuan rumah Jabar.

    Penanggungjawab PPLP Jabar cabang olahraga senam, Sri Mulyani menuturkan, sebagai tuan rumah, Jabar menurunkan sebanyak 12 atlet pada ajang Kejurnas PPLP/PPLPD/SKO tahun 2019. Terdiri dari 4 atlet artistik putra, 4 atlet artistik putri, dan 4 atlet ritmik putri.

    “Kejurnas ini menjadi salah satu bahan evaluasi dari hasil latihan atlet PPLP Jabar di cabang olahraga senam selama satu tahun,” ujar Sri saat ditemui di kawasan SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (10/11/2019).

    Meski sebagai tuan rumah, Sri mengaku tidak memasang target muluk-muluk pada gelaran kejurnas kali ini. Pihaknya hanya menargetkan untuk bisa meraih dua medali emas dari total 33 nomor yang dipertandingkan.

    “Dua medali emas ini kita harapkan bisa disumbangkan dari artistik putra dan putri, meski salah satu atlet kita di artistik putri masih cedera patah tangan. Kalau dari ritmik, peluang kita cukup kecil meski tidak menutup kemungkinan untuk meraih medali,” terangnya.

    Selain itu, Sri mengaku jika latihan atlet menjelang pelaksanaan kejurnas kurang maksimal. Pasalnya, gedung Gymnasium SPOrT Jabar yang menjadi lokasi latihan atlet senam PPLP Jabar digunakan selama sepekan untuk pelaksanaan babak kualifikasi PON XX.

    “Jadi selama sepekan, atlet hanya joging saja menjaga kondisi. Padahal seharusnya sudah berlatih penajaman teknik,” tambahnya.

    Terkait persaingan, Sri mengaku jika beberapa daerah memiliki kekuatan yang cukup menonjol di cabang olahraga senam tingkat pelajar. Diantaranya PPLP Riau, PPOP DKI Jakarta, dan PPLP Sumatera Barat.

    “Atlet senam yang masuk di PPLP Jabar saat ini, sebagian besar merupakan atlet-atlet baru. Tapi setidaknya, dari kejuaraan ini bisa menambah pengalaman bertanding mereka,” tegasnya.

    Sebanyak 16 kontingen yang akan mengikuti Kejurnas PPLP/PPLPD/SKO cabang olahraga senam tahun 2019 yakni SKO Ragunan, PPLP Lampung, PPLPD Muba-Sumatera Selatan, PPLP Riau, PPOP Kota Semarang, PPLPD Kutai Barat-Kalimantan Timur, PPLP Sumatera Barat, PPLPD Kota Medan-Sumatera Utara, PPLP Jambi, PPLP Bangka Belitung, PPOP DKI Jakarta, PPLPD Kota Tanggerang-Banten, PPLPD Bengkulu, SKO Bengkulu, dan PPLPD Kabupaten Tanggerang-Banten.

    Kontingen PPLP/PPLPD/SKO sudah mulai berdatangan ke Kota Bandung pada Minggu (10/11/2019) dan akan menjalani uji coba lapangan serta technical meeting pada Senin (11/11/2019). Pembukaan dan pertandingan akan dimulai Selasa (12/11/2019) hingga Kamis (14/11/2019).

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img