spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Siapkan Masyarakat Mandiri, Desa Sidamulya Adakan Pelatihan Menjahit

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Dalam rangka meningkatkan keterampilan ibu-ibu, Pemerintah Desa Sidamulya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis mengadakan pelatihan berbasis Kompetensi Mobile Training Unit (MTU) jurusan menjahit melalui Dinas Tenaga Kerja dan UPTD Kursus Latihan Kerja (KLK) bertempat di Aula Balai Dusun Pasirpeuteuy, Jumat (8/11/2019).

    Pelatihan tersebut diikuti 20 peserta dari beberapa perwakilan dusun. Mereka dibina selama 20 hari dengan materi kedisiplinan.

    Ati (25) selaku Instruktur dan perwakilan dari UPTD KLK Ciamis menyampaikan, menjahit salah satu objek usaha. Para ibu-ibu dapat mengembangkan skillnya, meningkatkan SDM berwiraswasta dan maju setelah mendapat pelatihan.

    Selain mendapatkan pelatihan, peserta akan diuji kompetensi kembali oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bandung. Ini menjadi sangat penting bagi mereka sebagai bekal. Bahkan nanti mereka berwirausaha sendiri di daerah masing-masing.

    Sementara itu, Jajang Ahdiat, Pj Kepala Desa Sidamulya mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan SDM masyarakat desa menjadi mandiri dalam usahanya.

    ” Dengan harapan bisa memberi peluang untuk mendapatkan penghasilan apabila dilanjutkan dengan membuka usaha menjahit untuk dijual,” katanya.

    Tarsini warga Dusun Cibelah, RT03/01, peserta pelatihan nampak antusias mengikuti pelatihan menjahit. Dia mengaku ingin memiliki keterampilan dan kemampuan menjahit.

    ” Ingin punya keterampilan menjahit itu sudah sejak lama. Makanya saya antusias mengikutinya,” singkat dia.

    (Andri/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img