spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Cina Dukung Tindakan Kekerasan Aparat Hong Kong ke Demonstran

    CINA, FOKUSJabar.id: Wakil Presiden Cina, Han Zheng, menyatakan mendukung tindakan lebih keras yang diambil untuk membuat jera demonstran Hong Kong. Dia beralasan aksi unjuk rasa yang berlangsung hampir enam bulan membuat perekonomian di kawasan itu terpuruk dan terancam terjebak dalam krisis.

    “Kami sangat tegas mendukung pemerintah wilayah khusus untuk lebih proaktif dan menerapkan langkah yang efektif guna menyelesaikan masalah sosial,” kata Han, seperti dilansir CNN, Kamis (7/11/2019).

    Pernyataan itu disampaikan Han ketika bertemu dengan Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, di Balai Tamu Negara Diaoyutai, Beijing. Menurut dia, aksi demonstrasi itu dianggap justru merusak prinsip ‘dua satu negara, dua sistem’ yang diterapkan di Hong Kong.

    Baca Juga : Begini Cara Pengambilan Dana Setoran Haji 2020

    Partai Komunis Cina menyatakan tidak akan memberi toleransi terhadap demonstrasi yang menjurus kepada aksi separatis, sebab sejumlah aktivis saat ini menyuarakan tuntutan kemerdekaan Hong Kong. Menurut Han, aksi kekerasan yang terjadi selama ini sudah melewati batas hukum dan moralitas.

    Hong Kong terus dirongrong aksi demonstrasi. Meski RUU Ekstradisi sudah dinyatakan dicabut, tetapi hal itu belum juga meredam gejolak masyarakat.

    Sebab, aktivis menyatakan sejumlah tuntutan mereka belum dikabulkan oleh pemerintah. Yakni penyidikan kekerasan polisi, memberi ampunan kepada ribuan aktivis yang ditangkap dan meminta Lam mundur dari jabatannya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img