spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kodrat Kota Bandung Berencana Tambah Jumlah Satlat di Sekolah

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pengurus Cabang (Pengcab) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kota Bandung bertekad untuk terus meningkatkan pembinaan tarung derajat di Kota Bandung. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menambah jumlah satuan latihan (satlat) tarung derajat di Kota Bandung.

    Ketua Umum Pengcab Kodrat Kota Bandung, Ferdy Ligaswara menuturkan, saat ini Kota Bandung memiliki sekitar 60 satlat yang melatih ribuan atlet tarung derajat. Mulai dari kelompok anak-anak hingga senior.

    “Kita bertekad terus meningkatkan pembinaan atlet yang salah satunya dengan menambah jumlah satlat. Dan yang jadi target kita yakni pendirian satlat-satlat di sekolah-sekolah,” ujar Ferdy saat ditemui di sela-sela kejuaraan tarung derajat Piala Wali Kota Bandung 2019 di GOR Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Minggu (27/10/2019).

    Ferdy mengaku, saat ini baru ada 8 satlat yang berada di sekolah-sekolah di Kota Bandung. Meski berada di sekolah-sekolah, namun satlat tersebut tidak khusus membina atlet dari sekolah yang bersangkutan tapi juga dari masyarakat umum lainnya.

    “Untuk penambahan satlat di sekolah, kita pun sudah mengundang dan berkjoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan (Disdik) maupun Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung. Tapi satlat yang didirikan nanti bukan satlat khusus, tapi satlat umum yang bisa diikuti masyarakat umum. Tujuan pendirian satlat di sekolah ini bukan hanya untuk pembinaan atlet, tapi lebih jauh untuk menghindarkan generasi muda dari perbuatan serta perilaku negatif,” terangnya.

    Terkait target pendirian satlat di sekolah tersebut, Ferdy mengaku jika pihaknya tidak mau secara sporadis mendirikan satlat. Namun, pihaknya akan mengukur terlebih dahulu dengan kemampuan dan ketersediaan pelatih di Kota Bandung.

    “Jadi kita lakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan ketersediaan pelatih. Kita tidak mau pendirian satlat ini sporadis begitu saja tapi tidak dilanjutkan dengan pembinaan yang baik,” tegasnya.

    Sementara dari kejuaraan tarung derajat Piala Wali Kota Bandung 2019, satlat Margacinta untuk sementara memimpin raihan medali emas. Satlat Margacinta sudah meraih 13 medali emas dari total 33 kelas yang sudah dipertandingkan hingga berita ini disusun.

    Medali emas yang diraih satlat Margacinta, terpaut jauh dari peringkat dua yakni satlat Padepokan Seni yang baru meraup 4 medali emas. Disusul satlat Pajajaran dengan menjuarai tiga kelas pertandingan.

    Hingga berita ini disusun, pertandingan di kejuaraan tarung derajat Piala Wali Kota Bandung 2019 yang memasuki hari terakhir, Minggu (27/10/2019), masih berlangsung. Kejuaraan tarung derajat Piala Wali Kota Bandung 2019 sendiri mempertandingkan sebanyak 66 kelas pertandingan.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img