spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Mang Oded: Tarung Derajat Itu Olahraga Yang Ingin Memanusiakan Manusia

     

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebut jika olahraga tarung derajat merupakan olahraga spesial karena tidak hanya sebatas olahraga namun juga berupaya untuk memanusiakan manusia. Hal tersebut diungkapkan Mang Oded (sapaan Wali Kota Bandung) saat membuka kejuaraan Tarung Derajat ‘Piala Wali Kota Bandung’ tahun 2019 di GOR Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Jumat (25/10/2019).

    “Tarung derajat ini olahraga yang spesial karena hadir dan lahir dari Kota Bandung. Olahraga ini tidak hanya menghadirkan kesehatan jasmani, sebagaimana disampaikan sang guru, jika tarung derajat itu ingin memanusiakan manusia,” ujar Mang Oded.

    Untuk itu, lanjutnya, jika memanusiakan manusia maka olahraga tarung derajat tidak lepas dari fitrah manusia. Sebagai olahraga, tarung derajat menjadi sebuah sarana yang didalamnya memiliki dimensi pembentukan manusia yang lain.

    “Olahraga tarung derajat itu tidak hanya membentuk fisik yang kuat, tapi juga daya pikir dan qolbu-nya juga harus kuat. Semoga saja, apa yang di cita-citakan sang guru untuk menghadirkan manusia seperti itu bisa tercapai,” tambahnya.

    Untuk itu, Mang Oded pun berharap warga Bandung harus bangga dan harus mampu ikut mengembangkan olahraga tarung derajat ini. Pasalnya, tarung derajat tidak hanya dikenal di Bandung, Jabar dan indonesia, tapi sudah diakui juga di dunia internasional.

    “Karena itu, mari kita ikut menjaga dan mengembangkan olahraga tarung derajat yang merupakan olahraga yang lahir dan hadir dari Kota Bandung,” tegasnya.

    Kejuaraan tarung derajat ‘Piala Wali Kota Bandung 2019’ digelar hingga Minggu (27/10/2019) yang diikuti oleh 377 atlet dari 40 satlat di Kota Bandung. Kejuaraan mempertandingkan 66 nomor pertandingan yang terbagi di beberapa ketegori dan kelompok usia.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img