spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Inovasi Bayar Pajak Kecamatan Purwadadi Raih Penghargaan Gubernur Jabar

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis membuat suatu inovasi yang memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Nama inovasi itu adalah ” Ojeg Pajak ” (Opak).

    Karena inovasinya itu, wajib pajak di Purwadadi yang taat pada pembayaran pajak menjadi meningkat. Sehingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) memberikan penghargaan Anugerah Pajak Kendaraan Bermotor 2019 kepada Kecamatan Purwadad

    ” Kami di Purwadadi punya yang namanya Opak. Jadi masyarakat tinggal menunggu di rumah, nanti dari UPK yang melayani pajak kendaraan bermotor datang, melayani langsung di rumah,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Camat Purwadadi, Yayan Muhammad Supyan, Rabu (25/9/2019).

    Dia mengatakan, awalnya inovasi itu diserahkan dalam bentuk proposal. Lalu diseleksi oleh tim ahli. Pengaju proposal mempresentasikan proposalnya di hadapan tim ahli bersama kecamatan lain se-Priangan Timur.

    ” Dari beberapa kecamatan yang mengikuti seleksi se-Priangan Timur, terpilih beberapa kecamatan yang masuk ke babak final,” ujar Yayan.

    Selain Purwadadi, kecamatan di Kabupaten Ciamis yang masuk ke final dan mendapat penghargaaan dari Ridwan Kamil adalah Kecamatan Cipaku. Inovasi yang dibuat Ciapku adalah Sawarga. Tujuannya sama, adalah untuk mempermudah wajib pajak membayar kewajibannya.

    ” Jadi Kabupaten Ciamis itu punya dua kecamatan yang sudah berinovasi untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Ini tentu akan berdampak positif pada pendapatan asli daerah (PAD) Ciamis,” ujar Yayan.

    Sementara itu, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jabar menjelaskan bahwa maksud dari pemberian penghargaan itu adalah untuk memotivasi dan mengapresiasi peran aktif para Kader Pajak, Wajib Pajak, Penggerak Taat Pajak, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pemerintahan Kecamatan serta Kantor UPTD Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPPD) guna menyukseskan intensifikasi pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Provinsi Jabar.

    Provinsi Jabar telah menyiapkan 3 Kendaraan Roda Empat jenis Minibus bagi Kecamatan yang aktif menyukseskan program perpajakan di daerahnya.

    Dengan begitu, Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Cipaku akan mendapat mobil mini bus masing-masing satu unit.

    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img