spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Peringati Satu Tahun Bawaslu Ciamis, Calon Pemilih Pemula Dilibatkan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Peringati satu tahun, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis gelar berbagai perlombaan. Siswa SMA/SMK yang akan menjadi pemilih pemula di Pemilu 2023/2024 diikutsertakan.

    Pembukaan acara peringatan ini dihadiri langsung Bupati Ciamis, Heridat Sunarya, dilaksanakan di Kantor Bawaslu Ciamis, Jalan Ir. H Djuanda Ciamis, Rabu (14/8/2019).

    Ketua Bawaslu Ciamis, Uce Kurniawan mengatakan, kegiatan peringatan ini dibuat unik dan mendidik dengan menggelar lomba antarsiswa.

    ” Kami melibatkan siswa calon pemilih yang akan menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2024 mendatang. Kami ingin para remaja kita mempunyai kualitas demokrasi yang baik,” kata Uce.

    Menurut Uce, guna mengasah pengetahuan para siswa Ciamis, digelar lomba cerdas cermat (LCC) antar siswa SMA/SMK se-Ciamis. Selain itu, ada juga lomba menyanyi Mars Bawaslu.

    ” Kenapa harus Mars Bawaslu, karena di dalam Mars Bawaslu itu muncul substansi soal kunci Bawaslu. Terus hal-hal demokrasi. Sehingga kami menyampaikan pesan simbolik kepada siswa, bahwa ini lah pola demokrasi yang harus dijalankan,” ujar Uce.

    Uce menegaskan, para siswa menjadi prioritas Bawaslu Coamis dalam sosialisasi Pemilu dan Demokrasi. Menurutnya, pelajar adalah calon pemimpin di masa depan. Sebagai salah satu peneyelenggara Pemilu harus memberikan pelajaran tentang kompetisi yang baik.

    ” Kami ingin penyelenggaraan Pemilu lebih baik lagi. Termasuk juga soal regulasi kita perkenalkan sejak dini kepada mereka. Ini merupakan bagian dari sosialisasi lebih awal,” kata Uce.

    Uce juga mengatakan, perlombaan antar siswa itu merupakan satu rangkaian acara yang digelar Bawaslu Ciamis. Pada Kamis (15/8/2019), Bawaslu Ciamis juga akan menggelar Jalan Santai di Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu.

    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img