spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    ITHB Berhasil Kawinkan Gelar Juara LIMA Basketball Wilayah Jabar 2019

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) berhasil mengawinkan gelar juara LIMA Basketball : West Java Conference Season 7 tahun 2019 setelah tim putra mengalahkan Telkom University (Tel-U) dengan skor akhir 76-43 pada babak final yang digelar di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (15/7/2019) malam. Sebelumnya, ITHB sudah mengunci gelar juara di kelompok putri usai mengalahkan tim putri Tel-U dengan skor 76-33.

    Pada laga final kelompok putra, dominasi ITHB sudah terlihat saat game final LIMA Basketball wilayah Jabar di kelompok putra dimulai. Pemain ITHB mampu menampilkan pertahanan yang cukup solid dan sulit ditembus penggawa Tel-U.

    Sebaliknya, ITHB yang dikomandoi Petrus Brando Saragi Turnip mampu mengobrak-abrik pertahanan Tel-U. Poin demi poin berhasil dicetak pemain ITHB melalui kerjasama apik sehingga menutup quarter pertama dengan skor 20-12.

    Di quarter dua, ITHB makin percaya diri dan tampil lebih taktis dibanding Tel-U yang terlihat kebingungan mencari celah pertahanan lawannya. Alhasil, ITHB mampu menambah 27 poin sedangkan Tel-U hanya menambah 6 poin sehingga quarter dua ditutup dengan skor 47-18.

    Usai istirahat pertengahan game, Tel-U mencoba bangkit mengejar ketertinggalan poin mereka atas ITHB. Perbaikan di sistem defence maupun offence pun diterapkan penggawa Tel-U untuk meredam dominasi ITHB.

    Namun perubahan yang dilakukan Tel-U, bisa cepat diantisipasi ITHB untuk kembali mendominasi jalannya laga. Quarter ketiga pun ditutup dengan skor 60-29 untuk keunggulan ITHB.

    Kegagalan mencetak poin yang berulang-ulang, membuat penggawa Tel-U frustasi. Sebaliknya dengan ITHB yang semakin menggila menambah poin demi poin untuk menjemput titel juara LIMA Basketball wilayah Jabar untuk yang ketujuh kalinya.

    Tampil di atas angin, penggawa ITHB terlihat bermain lebih santai berbeda dengan penggawa Tel-U yang belum bisa keluar dari tekanan. Gelar juara bagi The Arrow (julukan tim bola basket ITHB) yang tinggal menunggu waktu pun hadir setelah tembakan tiga angka pemain ITHB, Darren Benaya Budiman menjadi penutup laga dengan skor 76-43.

    Pelatih tim bola basket putra ITHB, Ricky Gunawan menuturkan jika penampilan anak asuhnya di laga puncak lebih baik dibanding laga semifinal. Baik dari sisi defence maupun offence.

    “Semua sistem permainan yang ingin kita terapkan berjalan dengan baik, apalagi tim Telkom (University) sepertinya kelelahan setelah bermain overtime di laga semifinal kemarin,” ujar Ricky saat ditemui usai laga final, Senin (15/7/2019) malam.

    Gelar juara kali ini, lanjutnya, menjadi gelar ketujuh tim putra ITHB sejak LIMA Basketball wilayah Jabar digelar. Namun gelar juara kali ini dirasa lebih istimewa karena berhasil dikawinkan dengan kelompok putri.

    “Sebelumnya, belum pernah ada yang mengawinkan gelar putra dan putri di LIMA Basketball, ini jadi yang pertama kali,” pungkasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img