spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Kanker Serviks Pembunuh Nomor Satu, Boyke: Cegah Sedini Mungkin dengan Ini

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Penyakit Kanker Serviks merupakan penyakit yang mengerikan dan menjadi momok yang paling menakutkan bagi kaum hawa. Pasalnya, penyakit tersebut pembunuh nomor satu bagi wanita setelah kanker Payudara.

    Dokter Kandungan sekaligus pakar Seks Indonesia, Boyke Dian Nugraha mengatakan, penyakit kanker serviks harus mendapat perhatian khusus, karena virusnya dengan cepat menjalar ke organ-organ tubuh perempuan.

    ” Memang awalnya penyakit ini menyerang organ vagina, setelah itu dengan mudahnya akan menyebar ke seluruh organ-organ tubuh penderita sehingga daya tahan tubuh melemah. Kondisi penderita mengerikan, semua badannya terasa sakit dan merasakan sakit yang luar biasa ketika disentuh. Selanjutnya meninggal dunia,” ungkap Boyke di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

    Menurut dia, banyak faktor penyebab wanita menderita kanker Serviks. Salah satunya, suka berhubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan. Baik pasangan perempuan ataupun laki-laki.

    ” Hubungan seks bebas faktor utama penyebab kanker Serviks,” ungkapnya.

    Sebenarnya jelas Boyke, penyakit tersebut bisa dicegah sedini mungkin.  Yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan/medical check up ke tenaga kesehatan.

    ” Cegah kanker mematikan ini dengan rutin melakukan vaksinasi selama tiga kali seumur hidup, pemeriksaan pap smear, IVA tes yang rutin,” tuturnya.

    Boyke menyebut, Kanker Serviks menyerang wanita sepanjang usia. Mulai dari masa puber dan sudah pernah berhubungan seks.

    ” Jumlah perempuan di Indonesia yang terpapar penyakit kanker Serviks terus bertambah, ditemukan setiap 15 menit satu wanita terkena kasus kanker, dan setiap 30 menit perempuan meninggal dunia,”ujarnya.

    Boyke berharap, tenaga kesehatan khususnya bidan, mampu memberikan pemahaman dan edukasi kepada perempuan dan ibu agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img