spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Tunjangan Ketua RT/RW di Ciamis Naik

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Ketua RT dan RW di Kabupaten Ciamis beruntung. Pasalnya, Pemkab Ciamis menaikan tunjangan dari Rp500 ribu menjadi Rp1 juta.

    Kebijakan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya disambut baik  para Ketua RT dan RW di seluruh pelosok Tatar Galuh Ciamis.

    Seperti diungkapkan, Kosim, Ketua RT19/08, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing. Terima kasih banyak atas honor tahunan yang diberikan Pemda Ciamis. Tahun lalu insentif RT senilai Rp500 ribu  per tahun, kini naik Rp1 juta.

    Sebagai ujung tombak pelayan masyarakat paling bawah, Kosim merasa perhatian pemerintah terhadap RT RW harus terus ditingkatkan.

    ” Ini bentuk perhatian Pemerintah Daerah kepada RT. Alhamdulillah, terima kasih atas kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis,” kata Kosim, Senin (27/5/2019).

    Hal senada diungkapkan Yoyon Mulyono, Ketua RT 03 /RW 06 Dusun Majalaya, Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis. Dia berterima-kasih kepada Bupati Ciamis yang telah memberikan perhatian dan kebijakan bagi RT/RW.

    ” Mudah-mudahan saja kenaikan tunjangan ini bisa menjadi motivasi yang lebih dari kami dalam mengemban tugas kemasyarakatan,” ungkapnya.

    Endang Ketua RT02/09, Dusun Ciwahangan Baregbeg Ciamis mengatakan sebenarnya kenaikan tunjangan ini diharapkan sejak kepemimpinan Bupati H.Iing Syam Arifin. Namun baru terealisasi atas kebijakan Bupati Herdiat.

    ” Alhamdulillah, apa yang kami harapkan sejak dulu bisa terealisasi. Hal ini tentunya sebanding dengan beban dan tanggungjawab RT/RW yang terbilang cukup berat di masyarakat,” katanya.

    Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, kenaikan tunjangan Ketua RT/RW di tahun 2019 sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdian mereka sebagai ujung tombak Pemerintahan.

    ” Kami menyadari betul, Ketua RT/RW adalah kepanjangtangananan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tugasnya lebih berat, membantu menyosialisaikan program pemerintah, termasuk mengumpulkan pajak, itu peran luar biasa,” ungkapnya.

    Menurut Herdiat, kenaikan tunjangan tersebut tak seberapa jika dibanding dengan pengabdian mereka selama ini. Semoga tunjangan tersebut dapat bermanfaat.

    Diharapkan kenaikan tunjangan Ketua RT/RW dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan perannya di masyarakat. Terutama dalam membantu meringankan tugas perangkat dan Kepala Desa.

    Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menambahkan, kenaikan tunjangan tersebut merupakan apresiasi.

    ” Intinya mereka bagian dari Pemkab Ciamis yang perlu diapresiasi agar kinerja mereka meningkat dan masyarakat lebih terlayani,” singkat dia.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img