spot_img
Minggu 26 Mei 2024
spot_img
More

    Ingin Raih 4 Emas di PON XX, Pobsi Jabar Gelar Seleksi

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengrov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pobsi) Jawa Barat berencana menggelar Seleksi Daerah (Selekda) pada bulan April 2019.

    Pada bulan Mei 2019, Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Biliar untuk menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 pada November 2019.

    Ketua Umum Pengprov Pobsi Jabar, Ruddy Kadarisman menuturkan, pelaksanaan selekda sendiri akan diikuti sekitar 50 orang atlet. Atlet-atlet yang diseleksi merupakan hasil Porda XIII Jabar pada bulan Oktober 2018 lalu serta atlet-atlet eks PON XIX yang masih punya peluang besar untuk meraih medali.

    ” Dari hasil selekda tersebut, kita akan ambil sekitar 15 atlet yang nanti dipersiapkan untuk mengikuti babak kualifikasi PON XX pada November 2019 mendatang yang rencananya digelar di Jakarta,” ujar Ruddy saat ditemui di Tip Pool, Click Square, Jalan Veteran Kota Bandung.

    Sebanyak 15 atlet hasil selekda tersebut, akan langsung masuk dalam kamp pelatda dengan sistem desentralisasi. Pihaknya pun akan terus memantau perkembangan setiap atlet.

    ” Yang lebih kita tekankan yakni disiplin. Siapapun nanti yang masuk dalam pelatda, harus disiplin menjalani latihan. Atlet yang masuk nanti, kita pastikan atlet yang berprestasi bukan atlet titipan atau karena kebijakan subjektif,” terangnya.

    Dalam proses seleksi sendiri, Ruddy mengaku akan langsung turun tangan bersama tim yang khusus dibentuk Pengprov Pobsi Jabar. Pasalnya, pihaknya bertekad untuk meningkatkan prestasi biliar Jabar di PON XX tahun 2020 di Papua.

    ” Pada PON XIX lalu, kita meraih 3 medali emas, 3 medali perak, dan 5 medali perunggu karena kita punya keuntungan sebagai tuan rumah. Tapi untuk PON XX, kita ingin meraih 4 medali emas dan itu pasti butuh perjuangan yang keras,” terangnya.

    Dari 16 nomor yang dipertandingan di tiga divisi, pool, caroem, dan snooker, Ruddy mengaku jika peluang terbesar untuk meraih medali emas terdapat di divisi caroem dan snooker. Pasalnya, untuk divisi pool, peta persaingan daerah lebih ketat.

    ” Dari empat medali emas itu, peluang kita terbesar di caroem dan snooker meski dari divisi pool juga tidak menutup kemungkinan. Apalagi kita punya banyak atlet muda di divisi caroem dan snooker,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img