spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    PJSI Jabar: Kompetisi Klub Olahraga Pelajar Dukung Program Regenerasi Atlet

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jawa Barat menilai, gelaran Kompetisi Klub Olahraga Pelajar tingkat Jawa Barat sejalan dengan program yang telah disiapkannya.

    Kompetisi yang dinisiasi Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar tersebut sangat membantu program regenerasi atlet.

    Ketua Panitia, Vicinanda Rinaldi (Vici) menuturkan, pihaknya terus memacu kompetisi atau kejuaraan Judo bagi atlet-atlet junior. Program ini digelar untuk memacu proses regenerasi atlet judo di Jabar.

    ” Atlet junior ini akan jadi pelapis seniornya kedepan untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih Judo Jabar sebelumnya. Untuk itu, kita sudah mencanangkan menggelar kejuaraan judo tingkat junior setiap 3 bulan satu kali,” ujar Vici saat ditemui di sela-sela Kompetisi Klub Olahraga Pelajar tingkat Jawa Barat tahun 2019 cabang olahraga Judo di Laga Tangkas SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (21/3/2019).

    Vici menambahkan, jumlah atlet junior di Jabar cukup banyak dan memiliki potensi yang mumpuni. Bahkan dari target awal peserta sebanyak 100 atlet pada gelaran kompetisi ini, justru membludak diluar ekspetasi pihaknya mencapai 222 atlet.

    ” Ini potensi yang harus dimaksimalkan terlebih dari sisi kualitas atlet pun cukup mumpuni. Dan kompetisi sangat membantu para atlet untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kemampuaanya lebih baik lagi,” terang Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PJSI Jabar tersebut.

    Membludaknya peserta diluar ekspetasi, diakui Vici, karena selama ini potensi tersebut belum terpantau dengan baik. Pasalnya, gelaran kejuaraan atau kompetisi judo tingkat junior lebih banyak digelar antar pengcab PJSI kota/kabupaten.

    ” Kalau mewakili pengcab, itu kan sebelumnya ada penyaringan dari klub-klub. Tapi dengan kompetisi antar klub ini, kita menjadi tahu pasti jumlah klub maupun atlet judo di Jabar. Termasuk dari sisi potensinya,” tambahnya.

    ” Dari kompetisi ini, kita berharap mendapatkan gambaran untuk persiapan menghadapi kejurnas junior, Popnas, hingga seleksi PPLP. Karena dari kompetisi ini, sudah terlihat potensi atlet asal klub,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img