Minggu 20 September 2020

PJSI Jabar Siapkan Cara untuk Bisa Mandiri

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Ketua Umum Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jawa Barat Robin Hud Mc.Jhon bertekad mencari upaya lain dalam pemenuhan dana.

Demikian disampaikan Robin menyusul persoalan dana selalu menjadi kendala yang dihadapi pengurus cabang olahraga (Cabor) dalam pembinaan atlet maupun pengembangan cabor.

Dia mengatakan, pengcab PJSI kabupaten/kota serta dojo judo di Jabar merupakan ujung tombak dalam pembinaan atlet judo.

Saat ini baru 18 kabupaten/kota yang sudah ada pengcab PJSI. Begitupun dengan jumlah dojo judo di Jabar yang masih belum tersebar di semua kabupaten/kota.

“Ini memang harus dimaklumi karena membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk sarana dan prasarana. Jadi hal pertama dan terpenting adalah kepedulian dari pemda setempat untuk pembinaan judo,” kata Robin di sela Kompetisi Klub Olahraga Pelajar tingkat Jabar cabang olahraga Judo di Laga Tangkas SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (19/3/2019).

Dia mengaku cukup kesulitan mencari donatur atau sponsor untuk pembinaan di cabor judo. Kendati begitu, pihaknya akan terus mencari cara untuk memenuhi kebutuhan dana.

“Seperti yang pernah dilakukan IJC (Indonesian Judo Community) saat menggelar kejuaraan di Karawang yang mampu menarik minat donatur dan sponsor. Melihat itu, Insya Alloh, kita akan mengarah ke sana (mencari sponsor) disamping usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan aturan, ” jelas Robin.

Untuk rencana jangka panjang, Robin sudah menyiapkan program agar judo bisa menjadi olahraga profesional dan memiliki pendapatan sendiri di luar bantuan APBD Provinsi Jabar.

Dengan demikian, pihaknya bisa melakukan berbagai program kegiatan, pembinaan, hingga pengembangan judo tanpa harus selalu tergantung dari bantuan dana APBD maupun sponsor.

“Ini masih dalam pikiran saya, bagaimana Judo mempunyai hasil sendiri. Apakah dengan memiliki bisnis sendiri yang hasilnya untuk judo. Mau bisnis dagang kaos, makanan, atau apapun pernak pernik mengenai judo dan olahraga umum.

Yang pasti, kita berharap judo ini tidak terlalu ketergantungan pada dana APBD maupun sponsor. Karena itu kita akan mencari pengurus yang kreatif dan inovatif. Tidak hanya dari sisi pembinaan dan pengembangan judo, tapi juga dari sisi pembiayaannya,” tegas dia.

(Ageng/LIN)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Abdul Aziz Optimis Tatap Liga 1 2020

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gelandang tim Persib Bandung, Abdul Aziz, optimis...

Dendam Asmara Picu Penyiraman Air Keras

BANJAR,FOKUSJabar.id: Dendam asmara menjadi pemicu pelaku AG menyiramkan air keras ke wajah korban Saepul Rohman. Korban adalah salah seorang jamaah pengajian Ustadz Abdul Somad (UAS)...

1 Polwan Papua Meninggal Ditabrak Minibus

JAYAPURA,FOKUSJabar.id: Bripka Polwan Christin Batfeny, anggota Propam Polda Papua, tewas mengenaskan akibat ditabrak minibus saat menuju ke kantornya, Rabu (16/9/2020). Korban yang menggenakan pakaian dinas...

Sony Alpha 7C, Kamera “full-frame” Termungil

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sony Alpha 7C resmi dirilis dan diklaim kamera dengan bodi full-frame terkecil di dunia dengan fitur AF (autofocus) terbaru, Rabu (16/9/2020). Sony Alpha 7C...

Dendam Asmara Picu Penyiraman Air Keras

BANJAR,FOKUSJabar.id: Dendam asmara menjadi pemicu pelaku AG menyiramkan air keras ke wajah korban Saepul Rohman. Korban adalah salah seorang jamaah pengajian Ustadz Abdul Somad (UAS)...

Trump: AS Distribusikan 100 Juta Dosis Vaksin Corona Desember

AMERIKA SERIKAT,FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mengatakan sedikitnya 100 juta dosis vaksin virus corona sudah bisa didistribusikan di AS pada Desember 2020. "Begitu...

4 Hari Berturut-turut Saham Prancis Untung

PARIS,FOKUSJabar.id: Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu (16/9/2020), mencatat keuntungan untuk hari keempat berturut-turut, dengan indeks acuan CAC 40 di Bursa Efek...