spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Promosi Segitiga Rebana, Emil Kunjungi Tiga Negara

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) melakukan lawatan luar negeri selama seminggu ke depan ke tiga negara, yakni Timur Tengah. Emil bertolak Rabu (6/3/19) malam dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

    Adapun negara yang akan dikunjungi, di antaranya Maroko dan Aljazair. Di kedua negara itu Emil akan menandatangani MoU terkait kerjasama sister province.

    “Ada dua sister province di Maroko dan Al Jazair yang harus saya tandatangan MoU-nya. Kenapa saya ke Timur Tengah? Karena saya ingin investasi di Jawa Barat tidak hanya didominasi oleh Asia Timur (Jepang dan Tiongkok) atau Singapura. Kami juga ingin investasi di Jabar banyak juga dari negara-negara Muslim,” kata Emil di Bandung beberapa waktu lalu.

    Pihaknya pun sedang mempromosikam pusat industri Segitiga Rebana (Cirebon-Kertajati-Patimban).

    Emil berharap investasi di pusat industri masa depan Jabar itu datang dari negara-negara Timur Tengah.

    “Segitiga Patimban – Cirebon – Kertajati, supaya investasinya datang dari Timur Tengah, karena mesin Jawa Barat ini tidak mungkin ngabret tanpa investasi. Nah, investasinya harus saya seimbangkan geopolitiknya,” kata dia.

    Kemudian di Al Jazair, Emil akan membicarakan pembangunan Alun-alun Soekarno. Dirinya diminta Pemerintah Al Jazair untuk mendesain Alun-alun Soekarno di Al Jazair.

    Semangat Presiden pertama RI menjadi inspirasi bagi negara di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara tersebut, terutama setelah Konferensi Asia-Afrika 1955 di Kota Bandung.

    “Karena Al Jazair merdeka terinspirasi oleh Konferensi Asia-Afrika dan juga oleh semangat Bung Karno (Soekarno),” ungkapnya.

    Negara ketiga yang akan dikunjungi Emil dan rombongan, yakni Uni Emirat Arab (UEA). Di negara itu Emil akan berkunjung ke Dubai untuk melihat manajemen cargo bandara yang menjadi salah satu terbaik di dunia. Hal itu terkait rencana Bandara Kertajati Majalengka yang juga akan dimanfaatkan sebagai bandara cargo.

    “Ada rencana kolaborasi untuk memanfaatkan banyak penerbangan internasional ke Kertajati juga, terkait dengan rencana Kertajati akan kami jadikan bandara cargo selain untuk pemberangkatan haji dan umroh. Ini sangat diminati. Salah satu bandara cargo terbaik di dunia adanya di Dubai dsn Abu Dhabi, ” kata Emil.

    Tidak hanya itu, lawatannya ke Timur Tengah pun akan dimanfaatkan untuk mencari negara donor bagi pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Kota Depok.

    “Saya mendapat perintah dari Pak Wapres (Jusuf Kalla) untuk mencari donor-donor pembangunan untuk UIII. Dana dari APBN baru sepertignya, dua pertiganya diharapkan misalkan gedung satu dari negara ini, karena ini (UIII) sifatnya internasional,” ucap Emil.

    “Jadi, dalam satu rangkaian saya mengunjungi Maroko, Al Jazair, Dubai, dan Abu Dhabi. Waktunya seminggu, tengah minggu depan sudah pulang,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img