spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Perbasi Jabar Segera Tetapkan 36 Atlet untuk Persiapan Pelatda PON XX/2020

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Barat secepatnya menentukan atlet yang bakal mengisi komposisi tim Pelatda Bola Basket Jabar untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang.

    Pengprov Perbasi Jabar akan menetapkan 18 atlet. Baik putra maupun putri.

    Ketua Harian Pengprov Perbasi Jabar, Alen Trismayadi menuturkan, ke-18 atlet putra dan putri tersebut dipilih berdasarkan hasil seleksi yang sudah dilakukan di GOR Laga Tangkas, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, 19-20 Januari 2019.

    Atlet yang sudah terpilih akan disiapkan menghadapi babak kualifikasi PON XX yang rencananya digelar pada bulan Juni 2019 di Tangerang, Banten.

    ” Pada pelaksanaan seleksi kemarin, diikuti oleh sekitar 50 atlet dengan rincian 26 atlet putra dan 24 atlet putri. Dari total 50 atlet putra putri, kita ambil 36 atlet atau 150 persen dari komposisi tim inti. Kita akan terus lakukan promosi degradasi hingga memenuhi kuota tim inti. Yakni, 12 atlet putra dan 12 atlet putri,” kata Alen saat ditemui di Sekretariat Pengprov Perbasi Jabar, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (1/2/2019).

    Jabar sendiri, hanya akan mengikuti babak kualifikasi PON XX Cabang Olahraga (Cabor) Bola Basket di kelompok putri. Pasalnya, tim putra Jabar merupakan peraih medali emas PON XIX tahun 2016 lalu sehingga mendapatkan kuota lolos langsung ke Papua.

    Alen menuturkan, babak kualifikasi PON XX digelar bersamaan dengan pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Dari babak kualifikasi tersebut, akan diambil lima tim terbaik untuk melengkapi kuota delapan tim (putra-putri) yang akan tampil pada PON XX tahun 2020 di Papua.

    ” Tim yang lolos langsung ke PON XX tahun 2020 adalah juara dan runner up PON XIX tahun 2016 ditambah tuan rumah. Jadi yang lolos langsung yakni, tim putri Jatim, tim putri Jateng, tim putri Papua, tim putra Jabar, tim putra Jatim, dan tim putra Papua,” tegasnya.

    Pada pelaksanaan seleksi kemarin, pada hari pertama, atlet dibagi dalam dua regu. Kemudian ditandingkan. Untuk hari kedua, tim yang bertanding menghadapi tim yang berasal dari gabungan atlet eks PON XVIII/2012 dan PON XIX/2016.

    ” Dari laga yang dilakukan setiap atlet, tim pelatih melakukan talent scouting dengan menggunakan format yang sudah disediakan. Dari hasil scouting tersebut, nanti akan ditetapkan sebanyak 18 atlet putra dan 18 atlet putri yang akan masuk dalam kamp pelatda PON XX,” pungkasnya.

    (ageng/bam’s) 

    Berita Terbaru

    spot_img