spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Tahun 2020 Pemkab Bandung Barat Targetkan Pembangunan Stadion

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) KBB terus mempersiapkan diri usai ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIV tahun 2022 mendatang. Salah satunya dengan menyiapkan lahan untuk pembangunan stadion utama.

    Bupati Bandung Barat, Aa Umbara menuturkan, pihaknya terus mengoptimalkan beberapa venue yang sudah dimiliki Kabupaten Bandung Barat dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Porda XIV tahun 2022. Salah satu venue yang akan dibangun dalam persiapan menuju Porda XIV tahun 2022 yakni stadion utama.

    ” Banyak venue yang belum dioptimalkan apalagi di tahun 2022 kita jadi tuan rumah Porda. Dan untuk mempersiapan sebagai tuan rumah Porda XIV tahun 2022, kita akan membangun stadion utama di daerah Cipatat, Padalarang,” ujar Aa Umbara saat ditemui di komplek perkantoran Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, KBB, Senin (28/1/2019).

    Lahan untuk stadion utama tersebut, lanjutnya, sudah siap dan tinggal dilakukan pembebasan. Rencananya, di tahun 2020, lahan untuk stadion utama tersebut akan dilakukan pembahasan dilanjutkan dengan proses pembangunan.

    ” Untuk persiapan tuan rumah, pemda harus hadir karena kalau hanya koni saja tidak mungkin. Di tahun 2020, kita akan mulai siapkan tanahnya dan mudah-mudahan dari pihak provinsi bisa bantu atau bahkan dari pusat. Kalau kita sudah punya niat, pasti bisa,” terangnya.

    Untuk anggaran pembebasan tanah sendiri, Aa mengaku akan disiapkan mulai tahun anggaran perubahan 2019 atau paling lambat pada anggaran murni tahun 2020. Lokasi stadion sendiri bisa dijangkau melalui pintu tol padalarang sekitar 10 menit.

    “Sebelumnya kita berencana untuk menyiapkan anggaran di tahun ini, tapi ternyata masih banyak infrastruktur lain di KBB yang harus dibenahi sehingga untuk stadion ini kita siapkan paling lambat di anggaran 2020. Saya fikir, untuk pembebasan tanah bisa selesai dalam satu atau dua bulan dan kita targetkan pembangunan stadion maksimal beres di September 2022,” tegasnya.

    Selain persiapan sebagai tuan rumah, Aa Umbara pun meminta persiapan sebagai kontingen pun harus disiapkan lebih baik. Para atlet sudah harus mulai dilakukan pembinaan sejak saat ini untuk mencapai prestasi lebih baik dibanding pelaksanaan porda sebelumnya.

    “Kalau jadi tuan rumah, maka targetnya pun harus juara. Semua ini butuh anggaran yang tidak sedikit, Karena itu kita pun minta pihak legislatif bisa mendukung target kita di bidang olahraga ini. Dan saya yakin pihak dewan pun akan paham dan mengerti,” pungkasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img