spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Wali Kota Meksiko Dibunuh Dua Jam Selepas Dilantik

    MEKSIKO, FOKUSJabar.id: Seorang walikota di Meksiko, Alejandro Aparicio tewas dibunuh tak lama selepas dilantik. Padahal, belum genap dua jam dia menduduki jabatan itu.

    Seperti dilansir CNN, Kamis (3/1/2019), Alejandro dilantik menjadi Wali Kota Tlaxiacao, Negara Bagian Oaxaca pada Selasa lalu. Kota itu berjarak sekitar 104 kilometer dari pusat Oaxaca.

    Selepas menyatakan sumpah jabatan, Alejandro lantas pergi bersama sejumlah kerabatnya menuju balai kota setempat. Saat itulah seorang lelaki melepaskan sejumlah tembakan dan mengenai Alejandro.

    Alejandro dan tiga orang yang tertembus peluru lantas dilarikan ke rumah sakit setempat. Namun, dia dinyatakan sudah meninggal ketika sampai.

    Menurut keterangan kejaksaan setempat Alejandro meninggal karena pendarahan dalam karena proyektil peluru menembus paru-paru sebelah kanannya. Seorang pejabat setempat yang kritis akibat penembakan itu juga meninggal pada Rabu (2/1/2018) kemarin. Sedangkan dua orang lain yang terluka kini masih menjalani perawatan.

    Dari tayangan langsung yang disiarkan melalui laman akun Facebook Alejandro, terlihat sejumlah simpatisan bingung selepas penembakan. Beberapa orang lainnya berhasil melumpuhkan seorang lelaki yang diduga sebagai pelaku.

    Aparat penegak hukum setempat menangkap lelaki berinisial JMV berusia 34 tahun, karena diduga terlibat dalam penembakan itu. Lelaki asal Negara Bagian Chiapas itu diketahui sempat bertugas menjadi polisi di sebelah utara Meksiko.

    Gubernur Oaxaca, Alejandro Murat menyatakan mengutuk penembakan itu. Dia meminta proses penyidikan dilakukan dengan menyeluruh.

    “Saya menyampaikan bela sungkawa terhadap keluarga mendiang dan penduduk Tlaxiacao,” cuit Murat melalui akun Twitternya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img