spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Induk Organisasi Sepatu Roda Berubah Nama

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sejalan dengan perubahan nama induk organisasi olahraga sepatu roda, World Skate menjadi Federation International de Roller Sport (FIRS) berdampak pada perubahan nama organisasi di seluruh negara. Salah satunya di Indonesia yang akan mengubah nama menjadi Indonesian Roller Sport Federation (IRSF).

    Wacana perubahan nama tersebut pun mencuat pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Porserosi di Amarossa Hotel, Jalan Aceh Kota Bandung, baru -baru ini. Dengan perubahan nama ini, maka jumlah cabang olahrga (Cabor) pun bertambah.

    “Perubahan nama ini harus dimusyawarahkan secara nasional dan sekurang-kurangnya diikuti 3/4 jumlah anggota. Untuk itu, kita berencana menggelar munas khusus terkait perubahan nama tersebut di tahun 2019 nanti,” kata Ketua Harian PB Porserosi Ganjar Razuni di Bandung, Senin (17/12/2018).

    Dengan perubahan nama organisasi sepatu roda dunia, World Skate menjadi FIRS, maka tidak hanya menaungi cabor sepatu roda saja. Tapi juga menaungi cabor slalom sepatu roda, skateboard, hingga hoki sepatu roda.

    “Itu pun akan terjadi di Indonesia. Dengan perubahan nama dan berdampak pada semakin banyaknya cabor yang dianungi, maka pola pembinaan merata dan berkeadilan pun semakin terjamin,” terang dia.

    Rakernas II Porserosi tahun 2018 diikuti oleh 19 provinsi dari total 25 pengurus provinsi (Pengprov) Porserosi di seluruh Indonesia. Selain membahas perubahan nama, Rakernas pun membahas persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

    “Untuk PON XX, akan ada penambahan nomor dari sebelumnya 24 nomor menjadi 36 nomor plus satu nomor eksebisi. Penambahan 12 nomor itu di speed slalom, clasic slalom, battle slalom, high jump, skateboard street, dan skateboard park. Sedangkan satu nomor eksebisi di inline hocky,” kata dia.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img