spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Tebing Longsor, Puluhan Hektar Sawah di Sukasenang Ciamis Mengering

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Tebing setinggi 10 meter dengan panjang 50 meter di Dusun Sirnagalih, Desa Sukasenang, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis longsor.

    Menurut Kabid Darlog BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, longsor tebing tersebut untuk kedua kalinya. Dimana sebelumnya beberapa waktu lalu longsor.

    ” Pertama longsor pada hari Sabtu lalu dan longsor susulan terjadi pada hari Minggu (9/12/2018) kemarin,” katanya, Senin (10/12/2018).

    Ani menyebut, matrial longsoran menutupi saluran air. Akibatnya, puluhan hektar sawah dan air untuk konsumsi masyarakat di enam dusun, dua desa tidak mendapat pasokan air.

    ” Saluran air untuk saat ini tertutup material longsoran sehingga sawah dan kolam yang berada di sebelah timur lokasi tebing longsor tidak teraliri air,” ucapnya.

    Ani melanjutkan, selain menyumbat aliran air yang mengairi sawah dan kolam milik warga, juga menimbun akses jalan desa sehingga arus lalu lintas kendaraan sempat terganggu.

    ” Untuk arus lalu lintas, petang ini sudah bisa dilalui. Namun untuk saluran air masih dalam pengerukan oleh warga agar air bisa mengalir kembali,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img