spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Kesadaran Kesehatan Gigi dan Mulut Memprihatinkan

    CIMAHI, FOKUSJabar.id: Kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia masih memprihatinkan.

    Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, indeks karies gigi orang Indonesia dari satu orang dewasa, rata-rata ada 7 gigi yang mengalami kerusakan.

    Pada anak usia 15 sampai 20 tahun, dari satu anak ada 3 gigi yang bermasalah. Sedangkan untuk anak usia 12 tahun ke bawah, hanya 2 gigi yang bermasalah pada setiap anak.

    ” Berdasarkan DMF-T atau indeks karies gigi, untuk orang dewasa masuk kategori sangat mengkhawatirkan. Dari 32 jumlah gigi orang dewasa, mereka mengalami kerusakan sekitar 7 gigi,” kata Ketua Asosiasi Fakultas Dokter Gigi Indonesia (Afdokgi), Nina Djustiana saat ditemui di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unjani, Jalan Encep Kartawiria, Kota Cimahi, Kamis (6/12/2018).

    Dia mengatakan, yang jadi fokus edukasi perawatan kesehatan gigi dan mulut yakni anak-anak. Sedangkan orang dewasa fokus pada perawatan lanjutan.

    ” Untuk anak-anak itu perawatan dan pencegahan. Kalau orangtua biasanya setelah mendapat tindakan seperti cabut dan pasang gigi, scalling dan pembersihan, ekstraksi gigi, atau perawatan ortodontik, baru mereka rajin merawat gigi,” tuturnya.

    Penyebab penyakit gigi yang dialami dan dikeluhkan masyarakat Indonesia biasanya akibat rendahnya kesadaran merawat gigi, yang terakumulasi menjadi penyakit gigi dan mulut.

    ” Misalnya di pedesaan, itu memang mereka sikat gigi, hanya saja kadang tidak sadar cara sikat gigi yang baik itu seperti apa. Tidak peduli bentuk sikat giginya padahal sudah keriting bulu sikatnya, bahkan kita menemukan yang gagangnya patah dan bulunya kotor. Itu bahaya bagi kesehatan mulut dan gigi,” jelasnya.

    Dia mengaku jika edukasi tentang pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut belum merata antara masyarakat pedesaan dan perkotaan.

    ” Untuk edukasinya memang belum merata, karena banyak kawasan yang belum terjamah. Resikonya sama, karena kebiasaan orang itu kan sama-sama malas sikat gigi kalau sebelum tidur,” tegasnya.

    (Achmad Nugraha/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img