spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Yowis Ben, Ajak Anak Muda Indonesia Jangan Malu Berbahasa Daerah

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Film bertema Percintaan remaja berbahasa Jawa, berhasil meraih penghargaan kategori khusus di Festival Film Bandung (FFB)2018 sebagai film Remaja bermuatan lokal. Film yang dibintangi Bayu Sekak, Joshua dan Suherman ini menggunakan dialog bahasa Jawa.

    “Film yang 90% menggunakan bahasa Jawa, dan kami bisa membuktikan disini bahwa menggunakan bahasa daerah tidak kalah saing dengan perfileman yang ada di tanah air,”ucap bayu di Pelataran Gedung Sate Kota Bandung, Sabtu (24/11/2018).

    Joshua menambahkan,film ini di garap dengan sutradara dan kru dengan etnis yang beragam sehingga dirinya berharap hal tersebut dapat memicu semangat anak muda di daerah lain untuk berkarya.

    “Yowis Ben ini di garap tidak hanya sama orang Jawa saja, tapi juga produsernya dari Sunda,”ujar joshua.

    Ia mengharapkan, anak-anak muda Indonesia tidak usah merasa malu menggunaka bahasa daerah masing-masing dalam keseharian.

    “Anak-anak muda diseluruh tanah air jangan pernah malu untuk menggunakan bahasa-bahasa daerah kalian masing, sehingga nanti kedepanya bermunculan pula film dari Ambon,Sunda, atau daerah mana saja yang menggunakan bahasa daerah,”ujar Bayu.

    Film Yowis Ben kedua rencanananya akan segera di garap dan sudah memasuki proses syutiny pertama di Kota Bandung mulai Besok,Senin (26/11/2018).

    “Yowis Ben dua kami akan kombinasikan kultur Jawa,Sunda, dan sedikit Bali,”ucap Bayu.

    Mereka tidak lupa persembahkan penghargaan yang di raih sore itu bagi para khalayak yang sudah menonton Youwis Ben.

    “Buat 900.000 lebih penonton yang sudah dukung kami saat berkunjung ke semua daerah saat itu di sambut dengan abtusias yang sangat luar biasa, ini buat mereka. Ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk berkarya dengan lebih baik lagi kedepanya,” pungkas Bayu.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img