spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Jabar Runner Up Kejurnas PPLP Cabor Angkat Besi 2018, Lampung Juara Umum

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kontingen PPLP Lampung memastikan diri sebagai juara umum Kejurnas PPLP/PPLPD/SKO cabang olahraga (Cabor) Angkat Besi yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung.

    Hingga penutupan kejuaraan, Sabtu (17/11/2018) malam lalu, PPLP Lampung berhasil mengoleksi 16 medali emas, 9 medali perak, dan 6 medali perunggu.

    PPLP Lampung berhasil mengungguli kontingen tuan rumah PPLP Jabar yang menampati peringkat dua dengan raihan 9 medali emas, 5 medali perak, dan 3 medali perunggu.

    Peringkat tiga ditempati PPLP Riau dengan torehan 5 medali emas, 5 medali perak, dan 3 medali perunggu.

    Kedigjayaan PPLP Lampung sudah terlihat sejak hari pertama pelaksanaan dengan merebut 6 medali emas, dilanjutkan 6 medali emas di hari kedua, dan di hari terakhir, lifter PPLP Lampung kembali menambah torehan medali emas sebanyak 4 keping.

    Empat medali emas tambahan tersebut disumbangkan Bernadicta Babella dari kelas 63 kg putri.

    Bernadicta berhasil meraih tiga medali emas dari angkatan snacth dengan angkatan 81 kg mengalah Restu Anggi dari PPLP Kalbar dan Fannie Wahyu A dari PPLP Jambi yang harus puas dengan medali perak dan perunggu.

    Bernadicta pun menjadi yang terbaik di angkatan clean & jerk dengan angkatan 103 kg serta total angkatan seberat 184 kg. Sementara medali perak untuk dua jenis angkatan tersebut di kelas 63 kg putri, diraih lifter asal PPLP Kalbar dan PPLP Jambi.

    Satu medali emas lain bagi PPLP Lampung, disumbangkan M Rafli Ardianto di kelas 85 kg dari angkatan snacth seberat 113 kg mengalahkan atlet PPLP Riau, Andi Rianto (angkatan 112 kg) dan Tri Boike Adam dari PPLP Riau dengan angkatan 102 kg meraih medali perunggu.

    Sedangkan medali emas untuk angkatan clean & jerk serta total angkatan di kelas 85 kg, diraih atlet PPLP Riau, Andi Rianto. Andi berhasil mengangkat barbel seberat 147 kg di angkatan clean & jerk sehingga mencetak total angkatan seberat 259 kg.

    Andi mampu memecahkan rekor nasional untuk angkata clean & jerk atas nama Roy Samsul Bahri asal PPLP Lampung dari 145 kg menjadi 147 kg.

    Sementara kontingen tuan rumah, PPLP Jabar hanya menambah tiga medali emas pada hari terakhir penyelenggaraan kejurnas.

    Tiga medali emas tersebut disumbangkan Tsabitha Alfiah dari kelas +63 kg setelah berhasil mengangkat barbel seberat 86 kg di jenis angkatan snacth. Sedangkan medali emas di angkatan clean & jerk serta total angkatan disabet lifter asal PPLP Jambi, Jihan Safitri dengan angkatan 110 kg di clean & jerk serta 195 kg di total angkatan.

    Dua medali emas lainnya, disumbangkan lifter Ari Setiawan di kelas 77 kg putra. Ari berhasil menjadi yang terbaik di angkatan snacth dengan berat barbel 112 kg dan total angkatan seberat 248 kg mengalahkan lifter Kalsel dan Kalbar yang harus puas dengan medali perak dan perunggu.

    Sedangkan untuk angkatan clean & jerk, Ari harus puas dengan medali perak setelah angkatannya kalah berat 2 kg atas angkatan lifter PPLP Kalsel, Misbahul Munir yang berhasil mengangkat barbel 138 kg.

    Selain merebut juara umum Kejurnas PPLP/PPLPD/SKO cabang olahraga Angkat Besi 2018, PPLP Lampung pun menasbihkan lifter putra mereka atas nama Muhammad Halim S sebagai lifter terbaik. Sedangkan untuk kategori putri, lifter terbaik disabet lifter putri PPLP Jabar atas nama Windi Cantika.

    Meski gagal menyabet gelar juara umum, Penanggungjawab PPLP Jabar cabang olahraga Angkat Besi, Maman Suryaman mengaku bersyukur dengan pencapaian yang diraih para lifternya.

    Bahkan raihan medali emas di ajang kejurnas kali ini pun sudah mampu melampaui target raihan, yakni enam medali emas.

    “Hasil ini diluar dugaan, kita dapat tambahan dua emas, dari putra dan satu medali emas dari putri. Kita sudah cukup puas dengan penampilan para lifter di kejurnas kali ini, selain melampaui target juga berhasil melampaui catatan angkatan terbaik mereka saat berlatih,” kata dia.

    Selama kejurnas ini berlangsung, ada sekitar 20 rekor nasional PPLP yang dipecahkan dan menjadi yang terbanyak sepanjang gelaran kejurnas.

    “Ini menjadi bukti jika pembinaan atlet di PPLP, khususnya Cabor angkat besi, sudah cukup berhasil dan memperlihatkan prestasi yang baik,” tegas Ketua Pengprov PABBSI Jabar Maman.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img