spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Jabar Raih Tiga Medali Emas, Lampung Cetak Tiga Rekor Angkatan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Kontingen PPLP Jawa Barat berhasil mendulang tiga medali emas pada hari pertama penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PPLP/PPLPD/SKO cabang olahraga Angkat Besi yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, komplek olahraga Pajajaran Kota Bandung, Kamis (15/11/2018). Sementara lifter putra asal PPLP Lampung berhasil memecahkan rekor kejurnas.

    Medali emas pertama bagi kontingen tuan rumah, disumbangkan oleh Ai Ratna di kelas 44 kg putri pada nomor angkatan snacth. Ai Ratna berhasil meraih medali emas setelah mengangkat barbel seberat 61 kg mengalahkan lifter PPLPD DKI Jakarta, Siti Zahra yang terpaut satu kilogram. Sedangkan medali perunggu di kelas 44 kg pada angkatan snacth diraih lifter PPLP Lampung, Astrini dengan angkatan seberat 55 kg.

    Pada nomor angkatan lain yakni clean & jerk dan total angkatan di kelas 44 kg putri, medali emas berhasil diraih lifter PPLPD DKI Jakarta, Siti Zahra. Di angkatan clean & jerk, Siti Zahra berhasil melakukan angkatan 76 kg sehingga mencapai total angkatan seberat 136 kg.

    Untuk medali perak angkatan clean & jerk kelas 44 kg putri, diraih lifter PPLP Lampung, Astrini dengan angkatan 72 kg, disusul lifter SKO Ragunan, Via Anggraini dengan angkatan 71 kg yang harus puas dengan medali perunggu. Sementara medali perak total angkatan kelas 44 kg putri, diraih lifter PPLP Jabar, Ai Ratna dengan angkatan 128 kg dan medali perunggu oleh lifter PPLP Lampung, Astrini dengan total angkatan 127 kg.

    Di kelas 40 kg putri, lifter asal PPLP Lampung, Adelia Prasasti berhasil melakukan sapu bersih medali emas di semua jenis angkatan. Di angkatan snacth, Adelia menjadi yang terbaik dengan angkatan 55 kg, lalu di angkatan clean & jerk dengan angkatan 70 kg dan di total angkatan seberat 125 kg.

    Sementara lifter asal PPLP Lampung, Fitri Zuliana merebut dua medali perak di kelas 40 kg putri dari angkatan snacth dengan berat angkatan 49 kg dan total angkatan seberat 107 kg. Sementara untuk angkatan clean & jerk harus puas dengan medali perunggu setelah hanya berhasil mengangkat barbel seberat 58 kg.

    Untuk medali perak di angkatan clean & jerk kelas 40 kg putri, berhasil diraih lifter PPLPD DKI Jakarta, Ismi Azzahra dengan angkatan seberat 60 kg. Ismi sendiri meraih dua medali perunggu dari angkatan snacth (46 kg) dan total angkatan (106 kg).

    “PPLP Jabar sendiri mengirim sembilan atlet pada kejurnas kali ini. Dan yang dicapai Ai Ratna memang diluar dugaan bisa menyumbang medali emas di angkatan snacth kelas 44 kg putri dan itu melampaui rekor terbaik dia sendiri di angkatan snacth,” ujar Penanggungjawab PPLP Jabar cabang olahraga angkat besi, Maman Suryaman saat ditemui di sela-sela kejurnas, Kamis (15/11/2018).

    Di kelompok putra, rekor kejurnas pada tiga angkatan di kelas 45 kg berhasil dicetak lifter asal PPLP Lampung, Dedi Kurniawan sekaligus meraih medali emas di tiga angkatan tersebut. Pada angkatan snacth, Dedi berhasil mengangkat barbel seberat 80 kg memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Dio Alfandy dengan angkatan 75 kg.

    Lalu di angkatan clean & jerk, Dedi pun memecahkan rekor kejurnas sebelumnya atas nama Dio Alfandy dari angkatan 93 kg menjadi 107 kg. Terkahir di total angkatan pada kelas 45 kg putra, Dedi makin memperuncing rekor menjadi 187 kg dari sebelumnya 168 kg yang juga dipegang Dio Alfandy.

    Pada kela 50 kg putra, lifter PPLP Jabar, Mohammad Aditya berhasil menyumbangkan dua medali emas. Dua medali emas tersebut diraih dari angkatan clean & jerk seberat 100 kg dan total angkatan seberat 180 kg. Sementara di jenis angkatan snacth, Mohammad Aditya harus puas dengan medali perak setelah terpaut 3 kg dari peraih medali emas asal SKO Bengkulu, M. Ramadhan N dengan angkatan seberat 83 kg.

    Dengan hasil tersebut, kontingen PPLP Lampung untuk sementara memimpin klasemen raihan medali dari 12 medali emas yang diperebutkan di empat kelas pertandingan pada hari pertama kejurnas, Kamis (15/11/2018). PPLP Lampung berhasil mendulang 6 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Peringkat dua ditempati kontingen tuan rumah PPLP Jabar dengan raihan 3 medali emas dan 2 medali perak. Dan peringkat tiga ditempati kontingen PPLPD DKI Jakarta dengan torehan 2 emas, 2 perak, dan 6 perunggu.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img