spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Digelar di Pangandaran, JIM Diharapkan Jadi Ajang Promosi Wisata

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Jabar International Marathon (JIM) bakal digelar di Kabupaten Pangandaran Minggu (2/12/2018). Kegiatan ini diharapkan akan menjadi ajang promosi wisata Pangandaran.

    “JIM diharapkan bisa mempromosikan Pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata dunia. Ini sejalan dengan apa yang diharapkan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) yakni mengembangkan sport tourism,” ujar Yudha saat memberikan keterangan pers sekaligus launching Jabar International Marathon (JIM) 2018 di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (14/11/2018).

    Kepala Dispora Jabar, Yudha M. Saputra menuturkan, lomba lari marathon JIM kali ini akan melintasi rute di sebagian garis Pantai Pangandaran hingga Batu Hiu. Lomba kali ini pun ditargetkan menjadi agenda rutin tahunan yang digelar di kawasan Pangandaran.

    Yudha menambahkan, pihaknya terus berupaya agar JIM mendapatkan sertifikasi dari IAAF sehingga menjadi agenda rutin tahunan internasional. Pada gelaran perdana kali ini, JIM akan melombakan empat kategori lomba. Yakni full marathon, half marathon, lari 10K, dan lari 5K.

    “Untuk full marathon akan menempuh jarak 42,195 kilometer yang dibagai dalam tiga kelas yakni open, nasional, dan master nasional. Lalu haf marathon menempuh lintasan sejauh 21,0975 kilometer yang juga dibagi tiga kelas yakni open, nasional, dan master nasional. Sedangkan untuk kategori 10K dan 5K, dibagi dalam kelas nasional, master nasional, dan pelajar,” terangnya.

    Untuk rute full marathon sendiri, akan melintasi jalur dengan lanskap pantai dan pedesaan di sepanjang Pantai Barat Pangandaran. Mulai dari Jalan Pamegaran, Jalan Cijulang, Jalan Parigi, Jalan Buni Ayu, Jalan Balong Salawe, Jalan Batu Hiu, Jalan Raya Cijulang, dan kembali finish di Jalan Pamegaran.

    “Peserta diharuskan menyelesaikan lomba secara penuh sesuai dengan kategori yang diikuti dalam waktu maksimal yang telah ditentukan. Yakni 7 jam untuk full marathon, 4 jam untuk half marathon, 2 jam untuk 10K, dan 1 jam untuk 5K,” tambahnya.

    Untuk peserta sendiri, pihaknya menargetkan bisa diikuti maksimal 2.000 peserta. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Peserta dari luar negeri sendiri, akan mengikuti lomba pada kategori open, sedangkan kategori nasional, master nasional, serta kategori pelajar diperuntukkan khusus pelari-pelari dalam negeri.

    “Hingga saat ini, sekitar 30 persen dari kuota peserta sudah melakukan pendaftaran melalui website www.jabarmarathon.com dan akan ditutup pada 25 November mendatang atau slot kuota peserta terpenuhi. Semoga dengan kegiatan JIM ini, selain target sertifikat IAAF, diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pangandaran sejalan dengan program Pemprov Jabar dalam pengembangan pariwisata Jabar Selatan,” tegasnya.

    JIM sendiri memperebutkan hadiah uang tunai dengan nilai total mencapai Rp619 juta. Dengan rincian hadiah uang tunai untuk kategori full marathon sebesar Rp151.650.000, lalu Rp83.425.000 untuk kategori half marathon, kategori 10K dengan hadiah uang tunai Rp47.150.000, serta kategori 5K memperebutkan uang tunai sebesar Rp27.600.000.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img