spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Kirim Doa, Gubernur Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Donggala dan Palu

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) melaksanakan Shalat Ghaib seusai Shalat Subuh berjamaah bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Jabar di Masjid Al-Muttaqin Gedung Sate Bandung, Senin (1/10/2018).

    Menurut Emil, Shalat Ghaib yang ditunaikannya adalah untuk menyolatkan saudara yang terkena musibah gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Terkhusus Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Dalam Islam, Shalat Ghaib menyolatkan jenazah yang tidak berada di tempat.

    ” Kita melaksanakan Shalat Ghaib karena saudara kita di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah mendapat cobaan. Tentu akan banyak yang kita bantu, tapi yang terpenting kita berikan adalah doa,” ungkap Gubernur.

    Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) lalu, sekitar pukul 17.02 WIB. Gempa tersebut menimbulkan tsunami di bagian pesisir Kabupaten Donggala, Mamuju Utara dan Palu.

    Emil menambahkan, pihaknya siap mengirim berbagai bantuan untuk meringankan derita para korban. Beberapa hari lalu pun, dia telah mengirim tim menuju Palu dan Donggala untuk memetakan kondisi tanggap darurat dan menggambarkan bantuan yang dibutuhkan para korban.

    Emil mengimbau kepada seluruh warga muslim dan Dewan Keluarga Muslim (DKM) Masjid se-Jawa Barat melaksanakan Shalat Ghaib untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

    ” Kepada seluruh warga muslim dan DKM Masjid se-Jawa Barat, sesuai arahan MUI Jawa Barat, agar hari ini (Senin, 1 Oktober 2018) melaksanakan Shalat Ghaib bagi para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah,” kata Emil.

    Selain itu, Emil juga mengajak masyarakat untuk ikut mendonasikan sebagian hartanya untuk para korban. Salah satunya, bantuan akan dikoordinir via kitabisa.com dengan klik di link: https://kitabisa.com/netizenuntuksulteng.

    (Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img