spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Reaktivasi Empat Jalur KA di Jabar “Hidup Kembali,” Salah Satunya Garut-Cikajang

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah memfokuskan kembali rencana reaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat.

    Ada empat jalur yang akan dihidupkan kembali, yakni rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menilai, reaktivasi jalur kereta tersebut menguntungkan bagi masyarakat, karena ada kemudahan transportasi. Tidak hanya itu, daerah-daerah yang dilalui kereta pun perekonomiannya bisa tumbuh karena ada pergerakan orang dan barang dengan aksesibilitas yang semakin mudah.

    Selain itu, Gubernur pun ingin dibangun stasiun-stasiun baru dititik lokasi wisata, perumahan ataupun di titik- titik keramaian untuk memecah kepadatan.

    “Saya ingin mengembalikan budaya naik kereta. Saya ingin Jawa Barat seperti Eropa, masyarakat kemana- mana bisa naik kereta karena nyaman dan terintegerasi,” kata dia.

    Emil berharap proyek reaktivasi ini busa selesai dan bisa langsung terintegrasi dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

    Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, rencana reaktivasi membutuhkan dukungan dari Pemprov Jabar. Terlebih kaitannya dengan penertiban warga yang tinggal di sekitaran rel yang akan diaktifkan kembali.

    “Dari empat jalur tadi, kami akan evaluasi, lokasi mana yang paling mungkin dilakukan secepatnya, serta jalur mana yang akomodatif membantu masyarakat,” jelas Edi.

    (Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img