spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Terpidana Kasus Pembunuhan Munir Bebas Murni

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pollycarpus Budihari Priyanto mengakhiri masa tahanannnya. Terpidana kasus pembunuhan terhadap pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib itu sudah berstatus bebas murni.

    Berpakaian serba hitam dilengkapi kacamata, Pollycarpus mendatangi Bapas Bandung di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Rabu (29/8/2018).

    Sebelum bebas, Polycarpus sudah mendapatkan bebas bersyarat pada tahun 2014 lalu.

    Bahkan, dia mendapatkan beragam remisi dari Kemenkumham sejak menjadi tahanan di Lapas Sukamiskin. Polycarpus menjalani pidana selama 14 tahun setelah vonis upaya hukum peninjauan kembali (PK) MA dikabulkan dari semula 20 tahun menjadi 14 tahun penjara.

    Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung Hardjani Pudji Astini mengatakan bahwa Pollycarpus telah memenuhi syarat untuk mendapatkan pembebasan murni. Selama bebas bersyarat, dia disebut kooperatif menjalani bimbingan dan melaksanakan wajib lapor.

    “Kalau pun tidak tepat waktu karena ada di luar (Papua) tetap berkoordinasi dengan kita. Kalau di Jakarta atau di Bandung dia tetap melapor,” jelas Hardjani di Kantor Balai Pemasyarakatan, Kota Bandung.

    Sementara itu, Pembimbing Kemasyarakatan Madya pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung Budiana mengatakan, Pollycarpus sudah jadi manusia yang merdeka.

    “Sudah merdeka,” katanya singkat.

    Seperti diketahui, Pollycarpus adalah pilot Garuda Indonesia yang bertugas di dalam pesawat pada penerbangan Indonesia ke Belanda via Singapura, saat Munir Said Thalib didapati jatuh sakit dan kemudian meninggal dalam perjalanan awal September 2004.

    Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhi pidana pada Pollycarpus dengan pidana 14 tahun penjara.

    Namun jaksa mengajukan upaya hukum ke MA hingga hukumannya ditambah menjadi 20 tahun.

    Kemudia dia mengajukan PK yang kemudian dikabulkan ke MA dengan pengurangan pidana kembali menjadi 14 tahun pada 2013.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img