spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Pemindahan Tugu Adipura, Pemkot Tasikmalaya Tunggu Perubahan Anggaran

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya berencana memindahkan Tugu Adipura kebanggaan warga yang berada di kawasan Taman Kota Tasikmalaya. Tepatnya, depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya.

    Menurut rencana, pemindahan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat setelah anggaran perubahaan yang diajukan disahkan DPRD.

    Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Tasikmalaya, Yono S. Karso mengatakan, hingga saat ini masih menunggu pengesahan APBD-Perubahan Kota Tasikmalaya tahun 2018.

    ” Jumlah anggaran yang diajukan untuk biaya pemindahan tugu diperkirakan sebesar Rp200 juta,” sebut Yono.

    APBD-P biasanya disahkan sekitar bulan Oktober. Jika berjalan lancar, pemindahan tugu bisa rampung maksimal dipengujung tahun 2018.

    ” Rencananya tugu Adipura akan dipindahkan ke Simpang Lima Padayungan yang lokasinya masih di Jalur Hz. Mustofa.  Design-nya akan dibuat seperti semula,” terang dia.

    Alasan pemindahan kata dia, karena kondisi kawasan Taman Kota Tasikmalaya sudah terlampau padat dengan aktivitas masyarakat dan lalu lalang kendaraan.

    ” Pertimbangannya, demi kenyamanan warga dan kelancaran lalu lintas kendaraan, tugu Adipura perlu direlokasi ke Simpang Lima Padayungan,” ungkapnya.

    Lanjut Yono, Taman Kota Tasikmalaya, Masjid Agung ditambah air mancur, akan menambah kepadatan masyarakat di kawasan tersebut sehingga perlu perluasan area terbuka.

    ” Dengan pertimbangan dan kajian yang dilakukan Pemerintah, solusinya tugu Adipura sebaiknya dipindahkan,” paparnya.

    Rencana pemindahan tugu Adipura mendapatkan reaksi dan penolakan dari beberapa elemen masyarakat karena dianggap menghilangkan sejarah penghargaan Kota Tasikmalaya dan estetika Kota.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img