spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Sri Mulyani: Pemerintah Cairkan Rp1 Trilyun untuk Gempa Lombok

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah telah mencairkan dana sebesar Rp985,8 miliar untuk penanganan darurat dan kemanusian pasca-gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang Agustus.

    Sri merinci, dana sebanyak Rp557,7 miliar disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sedangkan sisanya Rp428,1 miliar melalui kementerian dan lembaga terkait.

    Dia mengungkapkan, anggaran sebesar Rp557,7 miliar merupakan bagian dari program penanggulangan bencana yang dilakukan BNPB dengan total nilai Rp1,1 triliun. Dana ini digunakan untuk kegiatan operasi dan logistik seperti makanan, perlengkapan keluarga, sandang, dan tenda.

    “Kementerian Keuangan dan BNPB terus melakukan pemeriksaan atau verifikasi ke seluruhan jumlah rumah yang rusak, sehingga dapat segera diberikan bantuan dan dibangun kembali,” ujar Sri Mulyani dikutip dari akun Facebook resmi, Jumat (24/8/2018).

    “Pemerintah akan membangun kembali atau melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi agar kehidupan masyarakat Lombok dapat kembali normal dan kegiatan ekonomi serta masyarakat serta pemerintahan dapat bangkit kembali secara lebih cepat,” tambahnya, seperti dilansir CNN.

    Di samping dana yang telah dicairkan, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut pemerintah juga telah menyiapkan cadangan bencana sebesar Rp3,3 triliun yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

    Anggaran tersebut bisa digunakan untuk memberikan tambahan bantuan ke Lombok. Terlebih, BNPB sebelumnya telah mengusulkan tambahan anggaran yang dimaksud.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img