spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Penanganan Gempa Lombok, Pemerintah Kucurkan Rp958,8 Milyar

    JAKARTA, FOKUSJabar.id : Menteri Keuangan Sri Mulyani Indriawati menegaskan pemerintah bertekad akan membangun kembali atau merehabilitasi dan rekontruksi pembangunan di Lombok. Menurutnya, pemerintah hingga saat ini telah mencairkan dana sebesar Rp985,8 miliar untuk penanganan kedaruratan dan kemanusiaan akibat bencana gempa yang melanda gugusan kepulauan Nusa Tenggara tersebut.

    “Dana tersebut terdiri dari Rp557,7 miliar disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Rp428,1 miliar melalui Kementerian/Lembaga,” kata Sri Mulyani, Kamis (23/8/2018) kemarin.

    Proses perbaikan dan pembangunan kembali daerah terdampak bencana di Lombok, jelas Menkeu, akan berlangsung sepanjang tahun 2018. Ia pun berharap proses pembangunan ini akan menormalkan kembali kehidupan masyarakat Lombok dan kegiatan ekonomi dapat bangkit kembali secara cepat.

    “Antisipasi perencanaan tersebut sudah disiapkan pemerintah dari awal untuk melanjutkan dukungan Pemerintah dalam pembangunan daerah yang terkena dampak bencana di Lombok agar kembali normal,” tegas Sri Mulyani.

    Selain penyiapan anggaran untuk bantuan penanganan bencana, Menkeu menjelaskan, bahwa pemerintah juga telah membangun dan melaksanakan sistem mitigasi dan penanganan bencana yang lebih baik dan diharapkan semakin baik dari tahun ke tahun.

    “Kita telah memiliki BNPB dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang menjadi lokomotif penanganan bencana di lingkup nasional dan daerah,” pungkas Sri Mulyani. (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img