spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    KONI Jabar Gelar RAT dan Musprov Secara Marathon di Bulan September 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat akan menggelar pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2018 dan Musyawarah Olaraga Provinsi (Musprov) KONI Jabar pada bulan September 2018. RAT 2018 akan digelar pada 5 September, dan Musprov KONI Jabar pada 12-14 September 2018.

    Wakil Ketua I KONI Jabar, M Budhiana‎ menuturkan, pelaksanaan RAT dan Musprov KONI Jabar sendiri seiring dengan masa bakti kepengurusan KONI Jabar 2014-2018 akan berakhir pada September‎. Untuk itu, KONI Jabar pun secara internal membentuk panitia penyelenggaraan RAT dan Musprov KONI Jabar.

    “Rencana penyelenggaraan RAT dan Musprov KONI Jabar ini pun sudah kami laporkan kepada unsur KONI Pusat dan sudah mendapatkan restu dari mereka. Selain itu, kita pun sudah menyebar surat undangan kepada seluruh anggota KONI Jabar,” ujar Budhiana saat memberikan keterangan kepada wartawan di Ruang Kominfo KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (23/8/2018).

    Gelaran RAT 2018 sendiri, akan diikuti oleh 90 anggota KONI Jabar serta perwakilan KONI Pusat. Anggota KONI Jabar sendiri terdiri dari perwakilan 56 pengurus cabang olahraga, 27 perwakilan KONI Kota/Kabupaten, dan tujuh perwakilan Bidang Fungsional Olahraga.

    “‎Setiap anggota KONI Jabar akan diwakili oleh tiga orang dari unsur pimpinan. Pada RAT sendiri akan dibahas, salah satunya terkait rencana Musprov untuk memilih kepengurusan KONI Jabar 2018-2022. Termasuk pembahasan terkait persyaratan bakal calon Ketua Umum KONI Jabar 2018-2022,” terang M Budhiana yang bertindak sebagai steering commite (Panitia Pengarah) RAT dan Musprov KONI Jabar 2018.

    Sekretaris Umum KONI Jabar, Gianto Hartono‎ menambahkan, gelaran dua agenda penting terkait organisasi olahraga di Jabar ini dilakukan berurutan sesuai dengan arahan dari KONI Pusat. Selain itu, pelaksanaan tersebut pun sudah diamanatkan oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

    “Berdasarkan AD/ART KONI, gelaran RAT digelar 14 hari usai surat dikirim. Sedangkan gelaran Musprov digelar ‎setelah 21 hari surat dikirim. Dan surat informasi sekaligus undangan kepada anggota KONI Jabar sudah kita kirim pada 21 Agustus 2018. Sehingga ‎RAT akan digelar pada 5 September, sedangkan Musprov dilaksanakan pada 12 September‎,” ujar Gianto.

    Gianto yang juga menjabat sebagai Ketua Organizing Commite (OC, Panitia Pelaksana) RAT dan Musprov KONI Jabar 2018 menambahkan, pada pelaksanaan RAT 2018 terdapat dua agenda besar yang akan dibahas. Yakni terkait mekanisme penjaringan dan pembentukan tim penjaringan bakal calon Ketua Umum KONI Jabar 2018-2022.

    “Untuk tim penjaringan dihuni sebanyak lima orang yang terdiri dari dua perwakilan pengurus KONI Jabar 2014-2018, ‎satu orang perwakilan KONI Kota/Kabupaten, satu orang perwakilan pengurus cabang olahraga dan satu orang perwakilan badan fungsional olahraga,” terangnya.

    Untuk agenda lain yakni pembahasan persyaratan bagi bakal calon Ketua Umum KONI 2018-2022. Selain itu, pada pembukaan RAT, akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara KONI Jabar dengan Kejati Jabar serta KONI Kota/Kabupaten dengan Kejari Kota/Kabupaten bersangkutan terkait pendampingan umum anggaran.

    “Untuk penjaringan bakal calon Ketua Umum KONI Jabar 2018-2022 sendiri dimulai usai RAT yakni pada tanggal 6 sampai 11 September 2018. Siapa pun diperbolehkan untuk mencalonkan sebagai Ketua Umum KONI Jabar 2018-2022, kami tidak membatasinya,” pungkasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img