spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Pantau Pilkada, Pj Gubenur Jabar Klaim Bandung Raya Aman

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Mochamad Iriawan (Iwan Bule) melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan Pilgub Jabar dan Pilwalkot Kota Bandung, Rabu (27/6/2018). Dia mengklaim penyelenggaraan pencoblosan di wilayah Bandung Raya aman.

    Demikian disampaikan Iwan saat meninjau pelaksanaan pencoblosan di Rutan Kebonwaru, Jalan Jakarta Kota Bandung, Rabu (27/6/2018).

    Dari pantauan, sebelum melihat proses pemungutan suara di sayap kanan Rutan Kebonwaru, Iriawan menunaikan ibadah Salat Dzuhur.

    Iriawan mengatakan, TPS di dalam rutan atau lapas merupakan salah satu TPS khusus. Berdasarkan pantauannya, dia menyatakan pelaksanaan pencoblosan di rutan berlangsung aman dan tertib.

    “Pelaksanaan pilkada serentak di TPS khusus (rutan) berlangsung tertib. Kalau di sini tertib di luar juga tertib,” kata dia didampingi Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat dan Kepala Rutan Budiman saat datang.

    BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Kukuhkan 36 Anggota Paskibraka Jabar 

    Dia menjelaskan bahwa salah satu parameter kesuksesan Pilkada Serentak adalah partisipasi yang tinggi dan semua warga negara yang cukup umur berhak menyalurkan pilihannya.

    “Artinya di sini pun bisa menyalurkan hak suaranya, makin sedikit yang tidak menyalurkan makin baik,” ucapnya.

    Disinggung mengenai hilangnya surat suara untuk Pemilihan Bupati di salah salah satu titik di Cirebon, dia menyebut sedang dilakukan pendalaman mengenai penyebabnya. Namun dia menegaskan secara keseluruhan pemungutan suara di Cirebon lancar karena KPU sudah mengganti dengan cadangan.

    “Ada permasalahan di Cirebon 2.642 surat suara hilang, sedang didalami kenapa hilang. Sementara di KBB ada yang rusak karena basah, itu pun ditangani dengan mengeringkan surat suaranya,” ucapnya.

    Sementara itu, Karutan Kebonwaru Budiman menyatakan bahwa pelaksanaan pilkada serentak di Rutan Kebonwaru berjalan aman. Total 1.397 tahanan menggunakan hak pilihnya.

    “Alhamdulilah pelaksanaan pemilihan sudah selesai, semua berjalan lancar. Semua juga rata-rata memilih. Sudah kita arahkan untuk memilih,” kata Budiman.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img