spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Verifikasi Mutasi Atlet Porda Jabar XIII Belum Tuntas

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : ‎KONI Kota Bandung menilai hasil verifikasi mutasi atlet Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018 belum tuntas. Sebab kontingen tuan rumah, Kabupaten Bogor masih belum selesai juga diverivikasi Pokja Mutasi KONI Jabar masih

    “Karena tuan rumah Kabupaten Bogor belum juga menyerahkan data mutasi jadi masih mengganjal,” ujar Ketua KONI Kota Bandung, Aan Johana saat ditemui di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Minggu (24/6/2018).

    ‎Belum tuntasnya mutasi atlet, dinilai Aan rawan menimbukan masalah di kemudian hari. Terutama pada saat pendaftaran atlet sesuai dengan nama dan nomor pertandingan cabang olahraga di ajang Porda Jabar XIII.

    “Mutasi ini harus benar-benar tuntas diselesaikan oleh KONI Jabar, jangan menimbulkan masalah di kemudian hari. Jangan ada kesan pihak tuan rumah (Kabupaten Bogor) diistimewakan. Ini akan membuat tidak kondusif kedepannya terutama saat Porda Jabar XIII digelar nanti,” tuturnya.

    ‎Aan menambahkan, gelaran Porda Jabar seharusnya menjadi sebuah tolok ukur keberhasilan dari pembinaan olahraga di masing-masing daerah. Porda Jabar jangan menjadi ajang prestise daerah dengan melakukan perekrutan atlet dari luar daerah atau bahkan luar provinsi.

    “Sejak awal, kita sangat menyayangkan dengan banyaknya mutasi atlet menjelang Porda Jabar XIII. Kita berharap‎, ajang Porda Jabar kedepan menjadi ajang yang benar-benar sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan keolahragaan yang dilakukan setiap kota dan kabupaten,” tegasnya.

    Seperti diketahui, ‎berdasarkan hasil verifikasi Pokja Mutasi Atlet KONI Jabar, jumlah mutasi atlet jelang Porda Jabar XIII mencapai 389 kasus mutasi. Dari total kasus mutasi tersebut, sebanyak 271 diputuskan memenuhi persyaratan mutasi, 112 kasus belum memenuhi persyaratan, dan enam permohonan mutasi atlet ditolak atau dikabulkan.

    Dari 389 kasus mutasi tersebut, ‎sebanyak 172 kasus melibatkan atlet dari luar Provinsi Jabar dan 217 kasus melibatkan atlet antar kota/kabupaten di wilayah Jabar. Sedangkan daerah yang terbanyak melakukan mutasi menjelang Porda Jabar XIII yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan tuan rumah Kabupaten Bogor.

    (ageng/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img