spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Cagub Jabar TB Hasanuddin Kritik Panelis

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Cagub Jabar nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin mengkritik panelis debat publik ketiga Pilgub Jabar yang menyatakan bahwa Pancasila tidak mewajibkan memeluk agama. Demikian pernyataan itu terlontar dari panelis terkait pertanyaan hubungan Agama dan Pancasila. Hasan menegaskan bahwa Pancasila mewajibkan orang beragama.

    “Saya kira pemahaman Pancasila masih belum dipahami banyak orang termasuk panelis juga. Kalau menurut panelis boleh tidak beragama, itu penyataan fatal,” kata Hasanuddin di Ballroom Sudirman, Jalan Sudirman Kota Bandung, Jumat (22/6/2018).

    BACA JUGA: Alat Peraga Kampanye Cagub Ditertibkan

    Sementara itu, mendapat pertanyaan tentang Agama dan Pancasila dari panelis debat publik Pilgub Jabar 2018, Cawagub nomor urut 1 Uu Ruzhanul Ulum menegaskan bahwa agama dan pancasila sudah final.

    “Tidak perlu diperdebatkan, lebih baik berbicara konsep pembangunan yang merata agar rakyat sejahtera,” jelas Uu di debat publik ketiga Pilgub Jabar 2018.

    Menurut Uu, Pancasila dibawa ke Islam terlihat Islamnya, begitupun saat dibawa ke agama lain. Pancasila seperti gelas yang bersih. Diisi kopi akan terlihat kopinya, diisi susu akan terlihat susunya.

    “Pancasila dilahirkan oleh para tokoh agama, mulai dari Islam, Kristen dan agama lainnya. Termasuk para ulama yang memiliki keilmuan tinggi dan pewaris ilmunya para nabi. Karenanya kita harus jas hijau, yakni jangan sekali-kali hilangkan jasa ulama,” kata Uu.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img