spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    AFC Nyatakan 4 Stadion di Jabar Layak untuk Asian Games XVIII

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Asian Football Confederation (AFC) atau konfederasi sepakbola Asia menyatakan empat stadion  di Jawa Barat layak sebagai tempat pertandingan sepakbola Asian Games XVIII pada Agustus 2018 mendatang. Keempat stadion tersebut yakni stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, ‎stadion Patriot Kota Bekasi, stadion Pakansari Kabupaten Bogor, dan stadion si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Yudha M Saputra menuturkan, pihak AFC  sudah meninjau  kesiapan lapangan yang akan digunakan untuk laga sepakbola Asian Games XVIII sebelum Lebaran 2018. Hasilnya  kondisi rumput dan lapangan di empat stadion sudah sangat layak untuk digunakan.

    “Kalau jumlah tim yang bertanding di Asian Games XVIII sebanyak 24 tim, maka cukup dengan empat lapangan. Tapi kalau yang bertandingan sebanyak 32 tim, maka stadion Gelora Bandung Lautan Api Kota Bandung akan dipakai. Semua sudah dipantau AFC, termasuk lapangan latihan, dan mereka menyatakan layak,” ujar Yudha saat ditemui di ruang kerjanya, komplek SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik Kota Bandung, Jumat (22/6/2018).

    Untuk pembenahan yang masih diminta pihak AFC, lanjut Yudha, lebih kepada sarana pendukung. Seperti ruang ganti, toilet, bangku cadangan, shower, hingga ruang press conference.

    “Untuk pembenahan sendiri, batas akhir sesuai dengan intruksi Presiden yakni pada akhir bulan ini dan akan kembali dilakukan final check oleh AFC. Lapangan sendiri akan digunakan selama 10 hari pertandingan sepakbola Asian Games XVIII. Hanya saja ‎jumlah tim, penentuan grup, hingga penetapan stadion untuk grup mana belum ditentukan AFC,” terangnya.

    Sedangkan untuk lapangan latihan, minimal membutuhkan sebanyak delapan lapangan jika hanya empat lapangan pertandingan yang digunakan. Pihaknya sendiri sudah menyiapkan beberapa lapangan sebagai tempat latihan tim peserta Asian Games XVIII.

    Diantaranya lapangan SPOrT Jabar, Arcamanik Kota Bandung, lapangan Singaperbangsa, Karawang, lapangan Sabuga ITB, serta beberapa lapangan lainnya.‎ Meski demikian, ada beberapa tim negara peserta yang menginginkan pelaksanaan latihan digelar di lapangan tertutup seperti China, Korea Selatan, dan Jepang.

    “Intinya, lapangan latihan yang disiapkan berdekatan dengan lapangan pertandingan‎. Untuk lapangan stadion GBLA sendiri, kita rekomendasikan sebagai lapangan latihan karena untuk lapangan pertandingan membutuhkan perbaikan besar,” tegasnya.

    (Ageng/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img