spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Kemenangan Deddy-Dedi Rindu Soft Supporter

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi merajai survei Pilgub Jabar 2018.

    Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Toto Izul Fatah mengatakan, berdasarkan analisis hasil survei, kandidat Rindu mengalami penurunan dari 39,3 persen di bulan Maret menjadi 38 persen di Juni.

    Namun penurunan paling drastis terjadi pada kandidat Deddy-Dedi dari 43,2 persen menjadi 36,6 persen.

    “Kandidat lain, yakni Sudrajat-Syaikhu (Asyik) masih stagnan di 8,2 persen, sedangkan pasangan TB Hasanuddin-Anton (Hasanah) naik dari 4,1 persen menjadi 7,7 persen,” kata Toto di Bandung, Kamis (21/6/2018).

    Toto mengatakan bahwa penurunan pasangan Deddy-Dedi terjadi akibat serangan kampanye hitam, khususnya terhadap Dedi Mulyadi.

    Kendati begitu, pasangan tersebut bisa diuntungkan, karena kecenderungan perilaku pemilih grassroot yang tidak tersentuh kampanye hitam (akses informasi terbatas) dari medsos.

    “Elektabilitas personal Dedi Mulyadi turun dari 38 persen menjadi 33 persen,” kata dia.

    Sementara pasangan Rindu, kata dia, meski mengalami penurunan namun masih relatif tinggi. Salah satunya karena elektabilitas personal Uu mengalami kenaikan dari 16,8 persen menjadi 18,4 persen.

    Kenaikan elektabilitas Uu memengaruhi elektabilitas Rindu secara keseluruhan. Padahal awalnya tidak menyumbang sama sekali.

    Toto pun belum berani mengambil kesimpulan di antara dua pasangan calon ini, terlebih masih dalam jangkauan margin of error sebesar 4,8 persen dengan jumlah responden 440 orang.

    Tidak hanya itu, suara pemilih cair, ragu dan belum menentukan pilihan (soft supporter) masih sangat besar, yakni 39 persen.

    Artintmya, persaingan masih sangat ketat. Tetapi potensi kemenangan tetap ada pada dua pasangan calon, yakni Rindu dan Deddy-Dedi.

    “Kemenangan sangat tergantung pada suara soft supporter itu,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img