spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Anton Silaturahmi ke Ponpes di Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Momentum Hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan Calon Wakil Gubernur Jabar nomor urut 2 Anton Charliyan (Anton) untuk bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Miftahul Huda pimpinan KH. Asep Moushul Affandi di Jalan Miftahul Huda, RT05/RW02, Pasir Panjang, Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, belum lama ini.

    Bagi keluarga besar Ponpes Miftahul Huda, sosok Anton bukanlah orang asing. Semasa masih menjabat sebagai Kapolwil Priangan dan Kapolda Jabar, Anton sudah sering menyambangi ponpes tersebut.

    “Kang Anton juga ikut meresmikan Resimen Santri (Resan) Miftahul Huda. Jadi Kang Anton datang ke sini sudah sejak lama, bukan sekonyong-konyong ketika ingin maju menjadi Cawagub saja,” kata Kyai Asep.

    Bahkan Kyai Asep sudah menganggap Anton sebagai keluarga sendiri.

    “Saya tahu betul bagaimana sifat Kang Anton. Beliau sangat dekat dengan Ulama, bisa dikatakan sahabat para Ulama. Senang sekali dapat berkumpul dengan keluarga sendiri,” kata Asep.

    Anton yang datang menjelang senja ini, turut melaksanakan ibadah Salat magrib berjamaah bersama para santri. Seusai Salat, Anton bercengkrama di kediaman Kyai Asep Moushul Affandi dan berbincang hangat.

    “Saya dengan Kyai Asep Moushul ini sering diskusi bersama, sudah sejak lama,” kata Anton.

    Tidak hanya berkunjung ke Ponpes Miftahul Huda, Anton pun berkunjung ke Ponpes KH Basyuni Kanali di Desa Sindangraja untuk bersilaturahmi, Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, belum lama ini.

    Kyai Basyuni Kanali merupakan salah satu Mutassar/Dewan Penasehat Nadhlatul Ulama Jawa Barat (PWNU Jabar).

    Dalam kesempatan tersebut, Kyai Basyuni Kanali mendoakan agar maksud dan niat Anton yang maju berpasangan dengan TB Hasanuddin ini dapat terlaksana.

    “Di sisa waktu yang tinggal beberapa hari lagi, niatkan membela Agama, niatkan membela Pancasila, pokoknya semua niat yang baik. Insya Alloh jika diniatkan yang baik maka hasilnya pun baik. Saya doakan yang terbaik untuk Pasangan Hasanah. Semoga berhasil pada Pilgub Jabar tahun ini,” kata Kyai Basyuni.

    Pertemuan itu dimanfaatkan Anton untuk berbincang santai, silaturahmi dan membahas persoalan-persoalan di Jabar.

    “Beliau sudah saya anggap guru, namanya juga seorang murid, tidak ada salahnya meminta nasihat kepada guru sendiri. Apalagi beliau salah satu Ulama berpengaruh di Jawa Barat,” kata Anton.

    Pasangan Hasanah (TB Hasanuddin – Anton Charliyan) memiliki komitmen meningkatkan kualitas pendidikan pesantren menjadi lebih baik melalui program alokasi dana Rp1 trilyun jika nantinya terpilih menjadi pemimpin Jawa Barat.

    “Melalui program Rp1 trilyun ini, kami akan mengembangkan pesantren dan keagamaan dengan membangun fasilitas pendidikan dan memberikan insentif untuk guru-guru ngaji, marbot, dan lain sebagainya,” kata dia.

    Anton mengatakan, pondok pesantren merupakan sarana penting bagi ulama dalam menjalankan tanggung jawabnya dan silaturahmi. Maka itu, kata dia, perlu diberikan perhatian khusus untuk peningkatan pendidikan pesantren yang lebih baik.

    “Saya bermimpi pesantren tidak hanya menjadi lumbung kyai yang menguasai ilmu agama, tetapi juga mampu memiliki pengetahuan umum dan teknologi, bahkan memiliki kemampuan bisnis dan lainnya,” ucapnya.

    Selain itu, Hasanah pun menawarkan 7 program andalan yakni Bogagawe, Jabar Seubeuh, Jabar Cageur, Imah Rempeg, Sakola Gratis, Turkamling dan Budaya, serta Jabar Molototcom.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img