spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Jelang Ramadhan Warga Cimaragas Ciamis Gelar Misalin

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Jelang Ramadhan, ratusan warga Desa Cimaragas Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis bertazqiah ke makam Sanghyang Maharaja Cipta Permana Prabu Digaluh Salawe Minggu (6/5/2018). Acara tersebut bertajuk misalin tujuannya untuk membersihkan diri saat akan melaksanakan ibadah puasa.

    “Sebentar lagi kita akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan sehingga sebelum kita melaksanakan ibadah puasa badan dan jiwa kita harus bersih,” kata Juru Kunci Latif Adiwijaya, adat Misalin merupakan kegiatan bersuci lahir dan bathin saat menjelang Bulan Ramadhan yang dilaksanakan masyarakat Cimaragas secara turun temurun.

    Latif melanjutkan, adapun rangkaian acara adat Misalin yang hari ini dilaksanakan dimulai dengan melakukan siraman kepada anak-anak dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada anak bahwa sebelum melaksanakan ibadah puasa itu segala sesuatunya harus bersih baik Jasmani maupun rohaninya.

    “Setelah pelaksanaan ritual siraman selanjutnya melakukan Tawasulan di Maqom Sanghyang Maharaja Cipta Permana Prabu Digaluh Salawe,” ucapnya.

    Latif menambahkan, acara adat Misalin pilosofinya yang bisa diturunkan kepada generasi muda sekarang adalah sebagai manusia harus selalu bersih dari hal-hal yang dilarang oleh Agama maupun Negara.

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img