spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Survei IDM: Asyik Unggul di Priangan, Pantura dan Pamalayon

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menyalip dua pasangan cagub-cawagub Jabar yang selama ini selalu bersaing ketat, yakni Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Deddy-Dedi).

    Meroketnya elektabilitas pasangan Asyik dinilai sebagai dampak dari pergerakan kader PKS yang juga Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang mulai massif mensosialisasikan pasangan Asyik.

    Demikian terungkap dalam pemaparan hasil survei Indonesia Development Monitoring (IDM) terkait elektabilitas pasangan cagub-cawagub di Pilgub Jabar 2018. IDM membagi wilayah survei menjadi tiga teritorial, yakni Pantura (kabupaten/kota di wilayah pantai utara), Periangan (kabupaten/kota di Bandung Raya dan Priangan Barat dan Timur), serta Pamayon (daerah penyangga Ibu Kota seperti Bogor, Depok, dan Bekasi).

    Survei ini dilakukan pada 15-31 Maret terhadap 2.178 responden dengan metode multistage random sampling dengan tingkat kesalahannya ± 2,1 persen.

    Berdasarkan hasil survei itu, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) selalu berada di posisi atas, baik untuk tingkat popularitas maupun elektabilitas. Untuk tingkat popularitas, Asyik rata-rata meraih 80 persen di tiga teritorial tersebut.

    Asyik mengalahkan pesaingnya pasangan Rindu di angka 78,4 persen, Deddy Mizwar-Dedi 83,2 persen dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 74, 1 persen. Sedangkan untuk elektabilitas, Asyik pun unggul di tiga teritorial itu, yakni 31,2 persen di Pantura, 35,6 persen di Priangan, dan 33,3 persen di Pamayon.

    “Kedua adalah Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang meraih 26,3 persen di Pantura dan 21,6 persen di Pamayon. Sedangkan di Priangan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berada di posisi 2 dengan 25,3 persen pilihan responden,” kata Direktur Eksekutif IDM Bin Firman Tresnadi di Bandung, Jumat (27/4/2018).

    Sementara itu, Ketua Tim Media pasangan Asyik Ronni Kusumah mengatakan, raihan kandidatnya ini tidak terlepas dari dua sosok yang mendukung, yakni Prabowo Subianto dan Ahmad Heryawan. Terlebih, menurut dia selama ini Ahmad Heryawan terus bergerak memenangkan Asyik.

    “Kami juga terus begerak, terutama memperluas kantung-kantung suara,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img