spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Biasa Bepergian Menggunakan Bus, Ini Tips Nyamannya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Di Indonesia, bus merupakan salah satu transportasi umum yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Baik untuk perjalanan liburan, bisnis hingga pulang kampung saat musim mudik.

    Terlebih melakukan perjalanan dengan bus pun dinilai nyaman, karena tinggal duduk dan tidur saja. Tempat duduknya pun lebih lega dan santai.

    Namun tidak semua masyarakat bisa merasakan kenyamanan dari moda transportasi bus. Bukan karena tidak mampu atau apa, tapi karena kebiasaan mereka sendiri yang membuat jadi kurang nyaman.

    Berikut ini adalah beberapa kebiasaan penumpang yang sebaiknya dihindari dan tips agar perjalanan dengan bus tetap nyaman saat bepergian.

    Beli Tiket Mendadak

    Kebanyakan orang Indonesia membeli tiket bus mendadak pada hari H keberangkatan. Hal ini sah-sah saja dilakukan saat bukan musim liburan, apalagi musim mudik. Tapi jika musim tersebut tiba, kamu akan berdesak-desakan hanya untuk mendapat tiket masuk bus. Akibatnya, kamu pun akan merasa lelah dan tidak nyaman bahkan sebelum berangkat.

    Tips: Beli tiket jauh-jauh hari. Karena kini tiket bus bisa dipesan lewat Traveloka, jadi kamu tidak perlu mendatangi kantor PO bus kesayangan kamu atau pergi ke terminal untuk memesan tiketnya. Memesan tiket bus kini semudah membalikkan telapak tangan.

    Tidak Membawa Bekal

    Seringkali kita menemukan orang dehidrasi atau kelaparan saat naik bus, akibatnya banyak pula yang jatuh pingsan saat di perjalanan. Hal ini tentunya tidak hanya merepotkanmu, tapi juga merepotkan orang di sekitarmu.

    Tips: Bawalah bekal seperlunya. Jangan lupa untuk membawa air mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama perjalanan. Sediakan roti atau cemilan untuk menunda rasa laparmu.

    Jatuh Sakit Saat di Perjalanan

    Penumpang bisa saja jatuh sakit saat perjalanan. Entah itu karena tidak membawa baju hangat lalu kemudian masuk angin, mabuk perjalanan terutama untuk anak-anak , atau tiba-tiba demam karena AC yang terlalu dingin.

    Tips: Bawalah obat-obatan yang sekiranya diperlukan untukmu atau untuk membantu orang lain yang tiba-tiba sakit di hadapanmu. Sebelum berangkat pastikan untuk memakai baju yang nyaman dipakai, dan tak lupa membawa baju hangat karena suhu dalam bus sangat dingin terutama dalam perjalanan panjang bus malam hari.

    Kurang Waspada Selama Perjalanan

    Hal ini adalah kebiasaan yang paling sering dilakukan penumpang bus di Indonesia. Akhirnya banyak sekali penumpang yang mengalami hal-hal kurang menyenangkan saat dalam perjalanan. Seperti kecopetan, hipnotis/gendam , bahkan pelecehan seksual.

    Tips: Tetap waspada apapun yang terjadi selama perjalananmu. Taruh barang-barang penting di tempat aman dan pisahkan uang kamu. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru kamu kenal di dalam bus. Ramah boleh, tapi jangan sampai terlalu larut agar tidak membahayakan dirimu sendiri.

    Jika sudah membaca kebiasaan yang harusnya dihindari dan tips mengatasinya seperti di atas ini, dijamin perjalananmu menggunakan bus akan senantiasa aman dan nyaman deh. Tak perlu takut lagi untuk menaiki transportasi massal yang satu ini ya. Selamat bepergian!

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img