spot_img
Kamis 16 Mei 2024
spot_img
More

    Cawagub Dedi Mulyadi Prioritaskan pendidikan SMK untuk Kuasai Lapangan Kerja

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi sudah beberapa kali menekankan pentingnya pendidikan vokasional untuk anak-anak di Jawa Barat. Menurutnya, siswa SMK tidak memerlukan banyak teori, melainkan lebih membutuhkan pelajaran aplikatif karena diproyeksikan mampu menggunakan teknologi sektor industri.

    “Nanti siswa belajar teorinya cukup satu semester. Sisanya, mereka praktik langsung di perusahaan. Jadi, industri tidak perlu woro-woro ke daerah lain saat membutuhkan sumber daya manusia untuk perusahaannya,” kata  Dedi Mulyadi dalam dialog Industri di President University Kabupaten Bekasi, Rabu (18/4/2018).

    Pendidikan vokasional bukan barang baru bagi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat tersebut. Saat menjabat sebagai Bupati Purwakarta, dirinya sukses menerapkan pola pendidikan itu.

    Sebanyak dua kali dalam satu bulan, pelajar di seluruh tingkatan di Purwakarta tidak belajar di dalam kelas. Mereka membantu pekerjaan orang tua masing-masing di tempat kerjanya.

    Bukan hanya itu, pelajar di SMK dan Sekolah Tinggi Industri di Purwakarta dibekali pendidikan sistem manajerial perusahaan. Saat lulus, mereka sudah mampu memahami dan siap menerapkan sistem tersebut di perusahaan tempat mereka bekerja.

    “Nah, karena itu di industri harus ada universitas minimal sampai D3. Mereka diajarkan bagaimana menjadi manajer. Ini orientasi pendidikan vokasional, karena itu harus mampu melahirkan manajer andal,” ucapnya.

    (Adie/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img