spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Paguyuban Pematang Sawah Mulai Festival Layang

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Paguyuban pematang sawah Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis launching layang Lakbok ” Art and Culture Festival 2018 ” bertempat di Dusun Kedungjarian Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Minggu (15/4/2018).

    Menurut Paiso Direktur Paguyuban Pematang sawah diselenggarakan launching Festival layang lakbok tersebut untuk mengenalkan tradisi masyarakat Lakbok.

    “Dahulunya bermain layangan merupakan kebiasaan masyarakat disini sehabis panen padi,” katanya.

    Paiso mengatakan, sadar akan budaya masyarakat yang telah turun temurun tersebut maka untuk melestarikan budaya tersebut pihaknya melestarikanya melalui festival tersebut.

    “Acara ini digelar bertujuan memajukan kebudayaan melalui media sebuah festival layangan pasca panen,” ucapnya.

    BACA JUGA: Paguyuban pematang sawah bahu membahu melawan pendemi Covid-19

    Paiso melanjutkan, melalui festival layang Lakbok masyarakat didorong menjadi pelaku utama festival dimulai dari penelitian potensi desa, melakukan ekplorasi estetika lokal, merancang acara, mengembangkan kelompok-kelompok sadar wisata serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

    “Semua itu dilakukan oleh warga disini agar mereka sadar akan potensi yang ada di Desanya untuk dikembangkan menjadi potensi wisata,” jelasnya.

    Adapun acara puncak dari Festival layang Lakbok tambah Paiso, acara festival tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Agustus 2018 yang akan datang.

    “Kegiatan puncaknya nanti masyarakat disini akan memperlihatkan kreatifitasnya dalam membuat layangan yang akan diterbangkan pada saat malam hari,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img