spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Anak 12 Tahun Juarai Lomba Tembak Tingkat Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Putri Azzizah Haryanto (12) meraih juara Action Air Practical Shooting Confederation (AA-IPSC) Level 1 kelas Standard Overall yang digelar Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) dan IPSC Jawa Barat, di Lapangan Tembak Korpaskhas Landasan Udara TNI AU Sulaiman, Margahayu Kabupaten Bandung, Minggu (8/4/2018).

    Sedikitnya ada 70 peserta yang ikut dalam Jawa Barat Championship AAIPSC Level 1 Jawa Barat tersebut. Dari deretan peserta, didominasi oleh laki-laki yang umurnya jauh di atas Azzizah.

    Azzizah sendiri mengaku, tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi kejuaran tersebut. Dirinya hanya berlatih seperti biasa secara rutin.

    “Persiapannya latihan biasa seminggu sekali atau sampai dua kali,” ujarnya.

    BACA JUGA: Luhut Binsar Pandjaitan Minta Anak Muda Berkreasi Dukung Pemulihan Ekonomi

    Ternyata, Azzizah juga merupakan penembek level empat yang pernah mengikuti kejuaraan menembak se-Benua Asia dan Australia. Azzizah bercita-cita ikut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

    “Kalau cita-cita ingin menjadi penembak kelas dunia, target terdekat saya ingin jadi atlet PON membawa nama Jawa Barat di tingkat Nasional,” ucapnya.

    Menurut penembak yang sudah mengenal pistol sejak usia empat tahun ini ada daerah yang menjadi pesaing terberatnya di PON nanti yakni atlet dari Jakarta untuk kelas Junior.

    “Saya akan berlatih terus karena saya berharap masuk seleksi atlet PON,” tuturnya.

    Selain Azzizah, gadis belia yang ikut dalam kejuaraan AA-IPSC Level 1 Jawa Barat adalah Putri Zhafirah Haryanto (10). Zhafirah adalah adik dari Azzahra. Mereka berdua merupakan anak dari Ketua IPSC Kota Bandung H. Cheppy Haryanto.

    Sementara, para peserta yang mengikuti Jawa Barat Championship AA-IPSC level 1 datang dari berbagai klub dan daerah. Kelas pistol yang dipertandingkan dalam kompetisi tersebut adalah production dan standard.

    Menurut H. Chepy, AA-IPSC adalah kompetisi yang digelar untuk menyeleksi penembak yang akan dibawa ke Pekan Olahraga (Porda) Jawa Barat. Selain itu pertandingan tersebut juga digelar sebagai ajang latihan yang rutin dilaksanakan setiap bulan.

    “Action Air ini untuk melatih kecepatan dan ketepatan,” ujarnya.

    Kedepannya, kata dia, setelah seleksi penembak untuk Porda Jawa Barat selesai, Perbakin dan IPSC akan menggelar Jawa Barat Open Championship yang akan mempertandingkan seluruh jenis atau seluruh kelas pistol.

    “Kami akan melanjutkan tingkatan kompetisi ini untuk pertandingan dengan berbagai jenis senjata,” tuturnya.

    (Ibenk)

    Berita Terbaru

    spot_img