spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Wujudkan Jabar Seubeuh, Cawagub Anton Charliyan Tinjau Pengolahan Padi di Cisayong

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Tinjau Pengelolaan Padi, di Kampung Cirando, Desa Sukajadi, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (19/3/2018) Cawagub Jabar nomor urut 2 Anton Charliyan (Anton) ingin mengetahui proses padi menjadi beras.

    Terlebih Anton yang berpasangan dengan Cagub Jabar TB Hasanuddin (Hasanah) memiliki program Jabar Seubeh, yang salah satunya mempertahankan Jawa Barat sebagai lumbung padi serta memberikan kesejahteraan untuk para petani.

    “Makanya saya ingin mengetahui prosesnya seperti apa pengolahan padi menjadi beras,” kata Anton melalui rilisnya kepada FOKUSJabar.id.

    Dia menjelaskan, program Jabar Seubeh digagas untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Jabar. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan untuk merealisasikan program Jabar Seubeh, yakni akan memperbaiki irigasi dalam rangka dukungan terhadap pasokan air di daerah pertanian. Kemudian memberikan subsidi pupuk , sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis.

    “Sehingga kita bisa menjaga harga pangan yang berkeadilan antara petani dan konsumen dengan memotong para spekulator,” kata Anton.

    Nantinya kata dia, pasangan Hasanah pun akan menyediakan program pinjaman modal untuk petani dan nelayan tanpa agunan melalui BUMD, BUMDes dan kelompok tani.

    Modal tersebut kata dia, diberikan demi meningkatkan pendapatan petani yang bisa memproduksi produk turunan dari hasil taninya. Dengan begitu akan bisa memberikan perlindungan yang baik kepada petani dan nelayan berbasis ekspor.

    Untuk diketahui, selain Jabar Seubeuh, pasangan Hasanah pun memiliki program lainnya, yakni Boga Gawe , Jabar Cageur , Sakola Gratis , Imah Reumpeug , Turkamling dan Budaya serta Molototcom.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img