spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Mini Market Menjamur, Demiz : Zonasi Harus Diatur

    SUMEDANG, FOKUSJabar.id: Cagub Jabar nomor urut 4 Deddy Mizwar prihatin dengan menjamurnya pasar moder dan mini market di Jawa Barat.

    Apalagi saat ini penyebaran mini market pun telah menyasar wilayah pedesaan.

    “Tentunya itu sangat memprihatinkan, harusnya itu diatur dengan sebaik mungkin, termasuk diatur zonasinya,” jelas Deddy Mizwar di sela kampanye di Pasar Tanjungsari Sumedang, Senin (19/3/2018).

    Menurut dia menjamurnya mini market dan pasar modern sebetulnya menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota. Seharusnya pemerintah kabupaten kota memperketat perizinan pembangunan mini market.

    “Kabupaten kota yang harus memperketatnya, mereka yang punya regulasi, daerah daerah mana yang bisa dibangun supermarket, dan daerah mana yang tidak menganggu eksistensi pasar tradisional dan warung kecil,” kata dia.

    Menurut dia, pemerintah kabupaten kota harus selektif memberikan perizinan mini market dan pasar modern. Sebeb jika tidak diatur dengan baik, maka akan berdampak terhadap para pedagang. Khususnya para pedagang di pasar tradisional dan pedagang di tingkat warungan.

    “Jadi jangan hanya mengharap PAD nya saja, tetapi harus memperhatikan bagaimana nasib para pedagang kecil lainnya,” jelas dia.

    Hal itu penting sehingga kehadiran mini market pun tidak membuat ekonomi kerakyatan menjadi terpuruk.

    Apalagi saat ini mini market banyak menjamur di wilayah pedesaan. Sehingga hal tersebut pun sangat berdampak terhadap para pedagang kecil yang ada di pedesaan.

    “Makanya ini harus diatur sebaik mungkin, jangan sampai kehadirannya malah membuat pedagang warungan menjadi tersingkirkan,” kata dia.

    Namun, kata Deddy, para pedagang tradisional pun harus meningkatkan daya saingnya.

    Baik itu dengan menjaga kualitas produk ataupun dari sisi kenyamanan pengunjung.
    Sehingga para pedagang misalnya perlu memperhatikan masalah sampah.

    “Masalah sampah ini memang klasik, tapi tentunya ini harus dibenahi. Semua pihak perlu menjaga lingkungan disekitarnya, pengelola pasar pun jangan biarkan sampah menumpuk,” tutur dia.

    Kaitannya dengan revitalisasi pasar, dia mengatakan bahwa tidak semua pasar tradisional harus direvitalisasi. Namun demikian harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Sehingga pasar tradisional pun bisa berkembang dan diminati pengunjung.

    “Yang penting pasar itu harus nyaman, nyaman orang berbelanja di pasar,” katanya.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img