spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Praktisi Sejarah: Ciamis Harus Punya Diorama Wisata Budaya

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Praktisi Sejarah Kabupaten Ciamis, Heri Herdianto mengatakan, Sumber Daya Sejarah dan Alam di Kota Galuh begitu berlimpah. Karenanya, pemerintah mesti sigap memfasiltasi masyarakat dengan membuat museum yang berisikan Diorama wisata Ciamis.

    ” Selain memasukan pelajaran sejarah tentang kegaluhan kedalam kurikulum di sekolah, pemerintah harus mendirikan sebuah museum sebagai sumber informasi edukasi tentang keragaman elok wisata budaya di Kabupaten Ciamis,” kata Heri, Kamis (8/3/2018).

    Dosen Universitas Galuh (Unigal) yang satu ini menambahkan, Diorama adalah sejenis miniatur tiga dimensi yang menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan.

    Jika peradaban sejarah Ciamis dengan Gegaluhanya serta keelokan wisata alamnya dibuat Diorama dan terpusat di sebuah titik, maka generasi muda maupun turis dari luar akan tertarik.

    ” Diorama bisa dibilang miniatur yang unik, jika adegan-adegan dimasa lalu tentang kejayaan kerajaan Galuh dibuat, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda sekaligus memancing rasa ingin tahu yang nantinya akan menjadi kebanggaan bagi mereka,” jelasnya.

    Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia mengaku telah membangun Tourist Information Center (TIC). Dimana TIC menjadi temapt pusat informasi tentang seluk beluk Ciamis.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img